Jaksa Tahan Penghina Kapolri di Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Jaksa Tahan Penghina Kapolri di Kendari

Nursalam (duduk menghadap jaksa) tersangka penghina Kapolri saat dilimpahkan penyidik ke jaksa, Kamis (27/7). Usai pelimpahan, Nursalam langsung ditahan jaksa sembari menunggu proses hukum selanjutnya. Foto : ADWIN BARAKATI / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID –Berkas penyidikan tersangka penghina Kapolri dinyatakan lengkap. Tersangka Nursalam, berkas dan barang bukti dilimpahkan ke jaksa Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, Kamis (27/7/2017). Nursalam yang melakukan ujaran kebencian di media sosial akhirnya ditahan jaksa. Dalam proses pelimpahan kemarin, tim penyidik senior Subdit II Ekonomi Khusus (Eksus) Ditreskrimsus Polda Sultra membawa Nursalam ke Kejati Sultra. Nursalam yang mengenakan kemeja warna biru dikawal dua polisi berpakaian preman saat pelimpahan. Nursalam terlihat tenang dan meneken berkas pelimpahan dirinya.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi mengatakan Nursalam telah menjalani penahanan di Mapolda Sultra sekira 40 hari. Berkasnya diteliti baik-baik dan tidak mendapat surat petunjuk jaksa karena dianggap tidak ada kekurangan. Sepanjang penyidikan, berkas tersebut tidak bolak-balik di meja jaksa.

Kompol Dolfi mengungkapkan ada beberapa keterangan saksi ahli yang diilampirkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP), seperti saksi ahli informasi teknologi dan saksi ahli bahasa. Keterangan mereka untuk menguatkan bahwa ucapan Nursalam memenuhi unsur tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). “Berkas tuntas, mengingat syarat formil dan materilnya cepat terpenuhi. Proses tahap II atau perlimpahan berkas, tersangka dan barang buktinya sudah kami lakukan,” ujar Kompol Dolfi.

Untuk diketahui, Nursalam diamankan di kediamannya di lorong Anawai, Kelurahan Wuawua, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) Minggu (4/6/2017) lalu setelah mengunggah meme dalam akun facebooknya. Meme postingan Nursalam bernada menghina Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top