Realisasi Fisik Terbaik, Kemenristekdikti Puji Tata Kelola Anggaran UHO – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Realisasi Fisik Terbaik, Kemenristekdikti Puji Tata Kelola Anggaran UHO

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak kebaikan organisasi di Universitas Halu Oleo (UHO) yang ditinggalkan Prof Usman Rianse dan Prof Supriadi Rustad. Mantan Rektor dan mantan Plt Rektor UHO itu mampu menata kelola anggaran UHO dengan sangat baik, sehingga berkesan bagi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). UHO menempati posisi kedua secara nasional dengan persentasi 48,94 persen dalam hal realisasi anggaran.

Berkat itu, UHO diberi rapor baik sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan layanan Umum (BLU), dari Kemenristek Dikti.  UHO berada dibawah Universitas Negeri Malang (UNM) yang berada diposisi pertama dengan persentasi 50,44 persen. Sedangkan dari segi realisasi program fisik, UHO menjadi jawara menempati peringkat pertama dengan persentasi 51,93 persen dan disusul oleh UNM dengan persentasi 49,94 persen.

Hal ini dipaparkan Menristek Dikti Muh Nasir dihadapan rektor PTN se Indonesia di Jakarta. Nasir berharap 10 peringakat terbaik PTN BLU dapat mempertahankan capaian kinerjanya dalam hal serapan anggaran. Menurutnya, dengan baiknya serapan anggaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi itu sudah membantu menyukseskan program pemerintah dalam hal peningkatan mutu dan kualtias pendidikan.

“Harapannya dalam evaluasi semester pertama ini, kinerja PTN BLU dapat dipertahankan hingga akhir tahun mendatang. Kita harap semua 10 terbaik PTN BLU dapat melakukan serapan anggaran secara maksimal. Kita harap akhir tahun bisa mencapai 90 persen lebih,” tuturnya saat ditemui usai melakukan rapat pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran semester I tahun 2017 digedung D lantai II Kemenritek Dikti, Rabu (26/7).

Tidak hanya menunjukan 10 PTN BLU terbaik, tapi juga 10 yang masuk dalam kategori realisasi terendah. Menteri pun meluapkan kekesalannya kepada 10 PTN yang serapan anggarannya sangat minim. Ia bahkan mengancam akan mengembalikan status PTN BLU ke PTN Satker. “Ini apa yang dilakukan sampai serapan anggarannya kecil sekali. Apa mau kembali ke Satker lagi. Kita berahrap semester berikutnya, 10 perguruan yang berada diperingkat bawah dapat menggenjot serapan anggarannya,” katanya.

Mendapatkan rapor baik, rektor UHO Muh Zamrun mengaku masih memiliki tantangan besar ke depan. “Kita bersyukur dengan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh teman-teman di UHO. Namun ini belum selesai, Pak Menteri telah menargetkan capaian anggaran hingga akhir tahun bisa mencapai minimal 90 persen,” tuturnya.

Mantan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengaku optimis dapat mencapai target yang ditetapkan oleh Menristek. “Optimis pasti. Mau tidak mau juga itu sudah menjadi perintah Menteri yang wajib dilaksanakan. Lagi pula, niatan saya sejak awal juga ingin fokus untuk lebih memajukan pembangunan dan pengembangan isntitusi UHO menjadi kampus yang lebih baik secara lokal, nasional bahkan global,” katanya.

Disinggung soal program fisik UHO sendiri, Zamrun mengungkapkan masih banyak pembangunan fisik yang dibutuhkan oleh UHO. “Namun beberapa waktu lalu kesepaktan untuk membangun Rumah Sakit Pendidikan menjadi yang prioritas. Lagi pula, itu juga program multi years,” ujarnya. Terkait dengan tenggat waktu selesainya pembangunan RS pendidikan tersebut, Zamrun tidak bisa mengungkapkan kepastiannya. “Kita berharap program ini dapat terus berjalan setiap tahunnya. Sembari kita juga melakukan renovasi-renovasi lain,” ujarnya.(yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top