Polda Sultra Bekuk Pelaku Curanmor di Kota Kendari, Satu Eksekutor, Lima Penadah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Polda Sultra Bekuk Pelaku Curanmor di Kota Kendari, Satu Eksekutor, Lima Penadah

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Reserse Mobile Kejahatan dan Kekerasan (Resmob Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra sukses membekuk enam pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kota Kendari. Tim yang dikomandani Kanit Resmob Subdit III Kompol Lerry Tutu itu menangkap Alung, Icang, Wawan, Ardi, Herman dan Nanang. Mereka dibekuk pada waktu berbeda di Kota Kendari.

Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi kumaseh membenarkan penangkapan pelaku curanmor. Pelaku ditangkap berdasarkan hasil pengembangan terhadap pelaku yang lebih dulu ditangkap.Awalnya, tim Resmob Jatanras menangkap satu pelaku yang kemudian menyebutkan satu per satu rekannya. Tersangka Nanang, target yang terakhir dibekuk. Dia dicokok di sekitar eks MTQ.

Kompol Dolfi mengungkapkan enam pelaku ini mempunyai peran berbeda dalam menjalankan aksi curanmor. Lima tersangka, Alung, Icang, Wawan, Ardi dan Herman yang ditangkap lebih dulu berperan sebagai penadah hasil curian. Sedangkan Nanang, panglima lapangan atau eksekutor. Tersangka Nanang diketahui pemain lama dalam urusan curi mencuri sepeda motor di Kota Kendari. Hasil jarahannya dijual kepada tersangka Alung. Kemudian, Alung kembali menjual kepada rekannya yang lain. “Mereka jual menjual. Jadi kita kenakan sebagai penadah,” ungkap Kompol Dolfi, Rabu (26/7).

Nanang dan Alung, warga Konawe Selatan (Konsel). Sementara empat lainnya adalah warga Kecamatan Penanggo, Kolaka Timur (Koltim). Tim Resmob Jatanras Polda Sultra, kata Kompol Dolfi, masih melakukan pengembangan. Sebab, kuat dugaan para pelaku bagian dari sindikat. Informasi yang diperoleh bahwa masih ada beberapa rekan tersangka yang terlibat. Resmob Jatanras juga masih mengejar satu pelaku yang masih buron.

Saat ini, enam tersangka ditahan di Mapolda Sultra. Mereka dijerat pasal berbeda. Tersangka Nanang dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukuman pidana tujuh tahun penjara. Sedangkan lima tersangka lainnya dikenakan pasal 480 KUHP. Ancaman hukuman empat tahun penjara. (ade/c).

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top