Pengaruh Pola Tidur Terhadap Kesehatan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Pengaruh Pola Tidur Terhadap Kesehatan

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kebiasaan makan sehat ini memang telah banyak dijadikan panduan hidup banyak orang agar lebih sehat. Rupanya, bukan cuma makan saja yang harus dimurnikan untuk kesehatan yang lebih baik, melainkan juga kebiasaan tidur. Dalam dunia kesehatan metode ini disebutnya Clean Sleeping. Dilansir dari express.co.uk, clean sleeping menerapkan jam tidur selama tujuh hingga delapan jam, dimulai maksimal pukul 10 malam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur dianggap memainkan peran penting dalam hal mengatur nafsu makan dan level energi.

Kurangnya tidur berkualitas menyebabkan metabolisme tubuh yang tidak baik, yang berimbas pada ketidakseimbangan hormon. Akibatnya adalah kenaikan berat badan, bad mood, sulit konsentrasi dan mengingat. Yang paling parah adalah jika kita kurang tidur yang berkualitas maka tubuh bisa mengalami peradangan dan penurunan imunitas yang berujung pada penyakit-penyakit kronis. Lalu, bagaimana metode clean sleeping itu.

Hindari perut kosong. Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, hal yang paling penting adalah jangan membiarkan perutmu kelaparan, apalagi sengaja menyiksanya dengan mengosongkan perut. Justru, sarapan 30 menit setelah bangun tidur akan memberikan tidur berkualitas di malam harinya.

Minum air alkaline. Minum 2 liter air putih memang baik, tapi kamu bisa menaikkan ‘level’nya dengan menambahkan beberapa tetes lemon dan sejumput garam laut untuk membuat air alkaline. Tubuh akan bekerja optimal pada PH 7.35. Jadi dengan air alkaline fungsi organ akan bisa bekerja dengan baik.

Mengurangi kafein. Kita semua tahu, kafein berperan besar membuat tubuh tetap terjaga semalaman. Untuk itu, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menguranginya. Dalam clean sleeping dikenal metode “half life of caffeine” yaitu jika kita minum kopi pada jam 5 sore, otomatis kandungan kafein di tubuh kita masih tertinggal hingga jam 10 malam. Walau tubuh tak lagi terasa bertenaga, tetapi kafein masih mengalir di sistem darah kita, menyebabkan tubuh sulit mendapatkan tidur berkualitas.

Kurangi bermain handphone sebelum tidur. Bermain handphone sebelum tidur membuat otak terus bekerja aktif sehingga tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Akibatnya, tanpa disadari tubuh kita menjadi ikut lelah

Tidurlah sebelum pukul 22.30 selama empat hari agar bagian-bagian vital dalam tubuh bisa beristirahat karena bagian yang menentukan kenyamanan tidurmu adalah 90 menit setelah terlelap. Cara ini cukup membantu untuk mengembalikan vitalitas tubuh dan meningkatkan level energi.(vem/wnd)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top