Penduduk Bertambah, 35 Kursi di DPRD Kota Kendari Tak Berubah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Penduduk Bertambah, 35 Kursi di DPRD Kota Kendari Tak Berubah

Samsudin Rahim, Ketua DPRD Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah penduduk di Kota Kendari terus bertambah. Data BPS Kota Kendari pada tahun 2016, jumlah penduduk sekira 359.371 jiwa. Pertumbuhan penduduk itu rupanya tidak berpengaruh terhadap penambahan komposisi kursi di DPRD Kota Kendari dalam Pemilu legislatif 2019.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari memandang, penambahan kursi legislatif di Kota Kendari dinilai belum perlu. Sebab jumlah penduduk kota yang belum terlampau tinggi. “Melihat kondisi jumlah warga kita, memang belum perlu ada penambahan, setidaknya sampai 2019 nanti. Kita kan masih 300 ribu, sementara yang diatas 35 orang itu kecuali jumlah penduduknya diatas 400 ribu,” ujar Samsudin Rahim, Ketua DPRD Kota Kendari di ruang kerjanya, Rabu (26/7).

Hal itu sesuai UU Nomor 8 tahun 2012 yang mengatur maksimal anggota legislatif sebanyak 35 orang dengan daerah yang jumlah penduduknya sekira 300 ribu jiwa. Politikus PAN itu menilai, anggota dewan yang ada saat ini masih mampu menampung aspirasi masyarakat. Berbeda dengan potensi penambahan daerah pemilihan (Dapil) di Kota Kendari yang bisa saja bertambah. “Kalau Dapil (ditambah) memungkinkan. Kita juga kan sudah tambah satu kecamatan, yakni Nambo. Kemungkinan dapilnya disatukan dengan Kecamatan Abeli,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Ade Suerani memastikan tidak akan ada penambahan dapil maupun jumlah kursi di DPRD Kota Kendari meski jumlah penduduk terus bertambah. “Tidak ada perubahan baik jumlah dapil maupun jumlah kursi. Lagipula total penduduk kita belum terlampau banyak. Jadi masih belum berubah. Dapilnya tetap lima, dan kursi di dewan masih 35,” imbuhnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top