Melalui Sistem Zonasi, Pemerintah Akan Menata Sekolah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Melalui Sistem Zonasi, Pemerintah Akan Menata Sekolah

Foto JPNN
Mendikbud, Muhadjir Effendy

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memantau perkembangan guru. Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, kebijakan tersebut bisa membuat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) secara bersama-sama memajukan zonanya.

“Sistem zona ini menjadi sarana dalam melakukan penataan sekolah secara sistemik,” kata Muhadjir, beberapa waktu lalu.

Sistem zonasi, lanjutnya, tidak hanya bisa mendata jumlah peserta didik yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya sehingga menghindari terjadinya putus sekolah, tapi juga menjadi dasar untuk distribusi dan alokasi guru. Dampak positifnya berupa terwujudnya keseimbangan antara guru yang sudah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru Tidak Tetap (GTT), dan guru bersertifikat, di semua sekolah pada zona masing-masing.

Muhadjir kembali menegaskan, kebijakan lima hari sekolah juga berpihak kepada guru. Libur dua hari sekolah memberikan waktu lebih berkualitas antara siswa dengan keluarganya. Namun tidak hanya siswa yang merasakan manfaatnya. “Guru juga jadi bisa memerhatikan anak-anak mereka sendiri secara lebih berkualitas, setelah hari lainnya fokus memperhatikan anak didik,” pungkasnya. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top