Pariwara
Metro Kendari

Jangan Ada Pungli Dalam Pengurusan Sertifikat Prona !

Ilustrasi Pungli

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah menjamin proses pengurusan sertifikat tanah bagi warga kurang mampu melalui proyek operasi nasional agraria (Prona) dilakukan secara gratis. Masyarakat tidak dikenakan biaya, namun bukan berarti tidak berpotensi munculnya pungutan liar (pungli).

Untuk itu, anggota DPRD Kota Kendari, Ali Akbar mengingatkan semua pihak agar jangan ada pungli dalam pengurusan sertifikat Prona. Apalagi saat ini warga masih mendaftarkan tanahnya untuk mendapatkan sertifikat dari Prona tersebut. Ali Akbar mengimbau masyarakat jika menemukan adanya potensi praktik pungli itu agar segera melaporkan ke pihak terkait.

“Jangan memungut sepeserpun duit warga untuk mengurus Prona . Sebab, amanat pemerintah bahwa Prona itu gratis sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 189 Tahun 1981 tentang Proyek Operasi Nasional Agraria. Tidak ada biaya yang dibebankan kepada masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jika ada laporan yang kami terima dugaan pungli, maka DPRD tidak segan-segan memanggil pihak yang terkait di dalamnya,”ujar Ali Akbar, Rabu (26/7).

Ali Akbar mengingatkan agar semua pihak baik kelurahan maupun BPN agar memudahkan masyarakat melengkapi syarat untuk terdaftar dan dapat memperoleh sertifikat Prona. Menurutnya, pihak kelurahan harus betul-betul mendata warganya. (ade/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top