Dishub Muna Gagas Terminal Tipe B di Kontunaga – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna

Dishub Muna Gagas Terminal Tipe B di Kontunaga

La Ode Nifaki Toe

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan terminal tipe B di Kontunaga sedang dalam perencanaan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna sebagai penanggungjawab proyek sedang menuntaskan sertifikat kepemilikan lahan. Kontunaga dipilih menjadi lokasi terminal karena dianggap strategis dan merupakan jalur transit antar daerah. Sekretaris Dishub Muna, La Ode Nifaki Toe mengatakan, lokasi itu merupakan satu-satunya milik daerah. Pihaknya akan segera melakukan konsultasi serta pengusulan program ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) terkait proses pembangunan. “Penganggarannya melalui Dishub Provinsi. Kami akan bersurat secepatnya,” ujar La Ode Nifaki Toe di Dishub Muna sambil memperlihatkan surat usulan tersebut, Rabu (26/7).

Kapan proyek akan dimulai, ia tak mengetahui secara pasti. Pasalnya, Pemkab Mubar juga akan membangun terminal di Lagadi. Menurut Nifaki, berdasarkan aturan, terminal antar daerah tak boleh berdekatan. “Ini faktor penyebab sehingga pembangunan terminal Kontunaga lambat. Pemkab Mubar juga ngotot membangun di Lagadi. Akhirnya terkatung-katung,” jelasnya.

Makanya surat usulan ke Pemprov nantinya sekaligus untuk meminta mediasi antara dua kabupaten tersebut. Menurutnya, lokasi pembangunan terminal di Muna sangat sulit ditemukan. Apalagi wilayah Kontunaga telah dilakukan survei dan dianggap layak. Sementara, Mubar, masih banyak tempat lain yang kosong. “Kita minta Dishub Provinsi mediasi. Bicarakan baik-baik,” katanya. Dengan pemusatan terminal di Kontunaga diharap dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top