Minim Serapan Anggaran, Walikota Baubau : Kepala SKPD Akan Dievaluasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bau-bau

Minim Serapan Anggaran, Walikota Baubau : Kepala SKPD Akan Dievaluasi

AS Tamrin, Wali Kota Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — Tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (Tepra) Sulawesi Tenggara (Sultra) belum lama ini merilis capaian serapan anggaran seluruh kabupaten/kota yang ada. Dalam semester satu tahun 2017, realisasi anggaran 17 daerah diketahui dari yang terbesar hingga terendah. Kota Baubau sendiri hanya berada pada peringkat 15 dengan capaian 22, 23 persen. Otoritas dalam kendali Wali Kota, AS Tamrin itu hanya mengalahkan Muna Barat pada urutan 16 dengan capaian 11, 80 persen dan Konawe Kepulauan untuk hasil 2,17 persen. Sementara realisasi fisik, Kota Baubau bahkan berada pada urutan terakhir dengan capaian 4,30 persen.

Rendahnya capaian realisasi keuangan dan pembangunan fisik itu membuat AS Tamrin berang. Ia berjanji segera melakukan evaluasi kinerja pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada. “Harus diketahui penyebabnya. Kalau kelambatan itu karena kinerja dan tidak proaktif, maka pejabatnya akan diberi sanksi,” ujar AS Tamrin saat ditemui, Rabu (26/7).

Melakukan evaluasi pada seluruh pimpinan SKPD dianggap sebagai langkah tepat unutuk menyikapi merosotnya realisasi anggaran dan fisik yang dialami. “Kalau realitanya karena keterbatasan sumber daya manusia, maka kita lakukan pembinaan. Kalau macet-macet terus kerjanya, lebih baik dievaluasi saja. Daripada bikin pusing kepala,” tegas AS Tamrin.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Baubau, Murhato mengaku sangat menyayangkan kondisi tersebut. “Bisa saja akan terjadi sisa anggaran dan memicu terjadi pengurangan atau pemotongan dana alokasi khusus. Imbasnya bisa dirasakan masyarakat,” sorotnya. Politikus Partai Amanat Nasional itu sepakat jika wali kota mengambil langkah tegas untuk mengevaluasi kinerja pimpinan SKPD. “Saya dukung. Bahkan mestinya pemerintah harus melakukan setiap bulan atau triwulan terhadap realisasi serapan anggaran. Sehingga semua bisa terkontrol dan kelayakan pimpinan SKPD bisa diketahui. Tapi kalau tidak dilakukan dan data evaluasi tak ada, maka itu akan sulit,” pungkasnya. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top