SMP Frater Mulai Terapkan Lima Hari Sekolah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

SMP Frater Mulai Terapkan Lima Hari Sekolah

Yoseph Lenamah
Kepala SMP Frater Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, SMP Frater Kendari mulai menerapkan lima hari sekolah, yaitu berkerja dari hari Senin sampai Jumat. Meskipun pemerintah menunda penerapannya secara nasional, namun salah satu sekolah swasta di Kota Kendari tetap mencoba berlakukan 40 jam pelajaran per minggu.

Hal itu telah dijelaskan Kepala SMP Frater Kendari, Yoseph Lenamah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/7). “Awalnya, pemerintah mengharuskan kemudian ada beberapa catatan sehingga ditunda lagi. Untuk SMP Frater Kendari, terapkan lima hari sekolah tidak menjadi beban yang berat, sebab tahun sebelumnya sudah menerapkan atau mencoba hanya saja penambahan jamnya di lakukan pada hari Sabtu,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa mulai tahun ajaran baru mencoba untuk menerapkan 5 hari. Dengan catatan, kegiatan pada hari Sabtu, dipadatkan dihari Senin sampai Jumat. Jadi, proses belajar mulai jam 07.00 sampai 13.20 Wita. Setelah itu, istirahat serta makan siang bersama selama 30 menit. Dilanjutkan dengan persiapan untuk masuk kelas olimpiade, seperti Matematika, Bahasa Inggris, IPA, KIR dan Bahasa Indonesia sampai pukul 15.00 Wita.

“Siswa bebas memilih kelas olimpiade sesuai minatnya. Sedangkan siswa yang tidak memilih kelas tersebut, mereka diberi kesempatan untuk menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan rumah dari guru yang juga berlangsung sampai pukul 15.00 Wita, sehingga tidak lagi membuat tugas di rumah. Mereka yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler, seperti paduan suara basket dan drum band, tetap di sekolah dengan guru pembimbing sampai pukul 15.00 Wita,” terangnya.

Yoseph pun mengakui pada awalnya memang masih tersendat dalam pengaturan atau manajemen jadwal. Namun setelah berjalan beberapa hari, mulai terorganisir serta berlangsung dengan baik. Munurutnya, semua sekolah bisa terapkan lima hari kerja, yang terpenting harus didukung dengan fasilitas yang memadai. Misalnya kantin, tempat bermain, lapangan yang luas dan tempat beristirahat bagi seluruh peserta didik.

“Mudah-mudahan tetap berjalan dengan baik. Sejauh ini, juga tidak ada siswa yang mengelu terlalu lama di sekolah. Justru mereka lebih bersemangat karena kita sudah menyiapkan fasilitas yang baik dan bisa digunakan. Begitupun dengan orang tua. Malah mereka lebih banyak mendukung karena di sekolah bisa mendapatkan pembelajaran daripada pulang di rumah, anak banyak bermain di luar,” bebernya.

Ia juga menambahkan, kantin khusus telah didesain sehingga representatif untuk seluruh siswa. Didalamnya juga tersedia makanan dan minuman yang terjamin kesehatannya. “Sejak lama kami melarang penjual dari luar masuk di sekolah. Kemudian anak-anak tidak boleh jajan di luar kompleks sekolah. Beristirahat pun tidak dibolehkan keluar sekolah. Makanya itu, lingkungan sekolah harus nyaman bagi siswa sehingga betah selama mereka berada di sekolah hingga saatnya pulang,” pungkasnya. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top