Selamat ! SDN 9 Mandonga Raih Adiwiyata Mandiri, Pekan Depan Penghargaan Diserahkan Presiden – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Selamat ! SDN 9 Mandonga Raih Adiwiyata Mandiri, Pekan Depan Penghargaan Diserahkan Presiden

Deretan bunga tertata apik, tampak memenuhi pelataran SDN 9 Kendari. Foto : Alvin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari tak pernah sepi dari prestasi. Baru saja mendapat anugerah sebagai Kota Layak Anak (KLA) dari pemerintah pusat, dalam waktu dekat, Kota Lulo kembali akan menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI. Penghargaan itu diraih oleh SDN 9 Mandonga yang sebelumnya sudah memenuhi passing grade untuk Adiwiyata kota, provinsi dan nasional.

Adiwiyata Mandiri berhasil diraih SDN 9 Mandonga atas kemampuannya mewujudkan sekolah berbasis lingkungan. Tak hanya para guru dan kepala sekolah, komitmen untuk mengelola lingkungan juga muncul dari kesadaran diri para murid, komite sekolah serta warga sekolah lainnya.

Informasi penghargaan itu diketahui melalui undangan yang dikirim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ke DLHK Kota Kendari, perihal penghargaan lingkungan hidup kategori Adiwiyata Mandiri. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kendari, Sartini Sarita. Dia mengatakan, penyerahan penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden. Kepala Sekolah SD 9 Mandonga akan menerima penghargaan itu pada 2 Agustus, pekan depan. “Kita bersyukur bisa dapat Adiwiyata lagi. Ini cukup prestisius karena skalanya nasional,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris DLHK Kota Kendari, Drs. Moh Nur Rasak mengatakan, selain SDN 9 Mandonga, sebenarnya ada enam sekolah yang diusul dalam Adiwiyata mandiri. Namun, setelah tim KLHK melakukan verifikasi pada Mei 2017 lalu, hanya satu sekolah yang dinilai memenuhi standar Adiwiyata Mandiri. “SDN 9 Mandonga sebenarnya sudah dua kali diusul, namun karena ketatnya verifikasi dokumen, sehingga belum lolos. Meski demikian, sekolah tidak putus asa, bersama tim DLH Provinsi melakukan pembinaan sehingga semua indikator bisa terpenuhi dan penghargaan bisa diraih,” ungkapnya.

SDN 9 Mandonga, lanjut dia, lolos bersama 23 sekolah lainnya se Indonesia. Seluruhnya memenuhi indikator, mulau dari kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, penerapan kurikulum berbasis lingkungan, partisipai aktif warga sekolah dalam menjaga kebersihan dan mengeloa lingkungan sekolah, serta penyediaan sarana dan prasarana kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

Sementara itu, Kepala SDN 9 Mandonga, Syamsuria, M. Pd., mengatakan, keberhasilan SDN 9 meraih Adiwiyata Mandiri tidak lepas dari peran serta semua pihak, termasuk masyarakat, Pemkot Kendari dan juga warga sekolah. Komitmen untuk menerapkan sekolah berbudaya lingkungan disambut positif semua kalangan, termasuk para orang tua murid. Tak heran, program membawa botol yang dicanangkan pada murid memberi dampak yang sangat positif mengurangi sampah plastik, khususnya di lingkungan sekolah.

“Salah satu program kami untuk mengurangi sampah adalah, mengimbau para murid membawa botol minuman dari rumah. Jadi mereka tidak lagi membeli minuman dalam kemasan di sekolah, dan itu sangat efektif mengurangi sampah plastik,” terangnya. Ia berharap, penghargaan yang diterima, tidak membuat pihaknya berhenti berbuat, namun terus komitmen untuk menerapkan sekolah berbudaya lingkungan. Bukan itu saja, ia juga mengharapkan, prestasi yang diraih SDN 9 Mandonga, dapat memotivasi sekolah lain untuk mengembangkan sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan, bersih dan asri. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top