Pemkab Muna Anggarkan Rp5M Untuk Rumah Adat – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Pemkab Muna Anggarkan Rp5M Untuk Rumah Adat

Proses penimbunan areal pembangunan rumah adat yang akan menjadi ikon baru di Kota Raha, Kabupaten Muna.
MUHAMMAD ERY/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Geliat pembangunan di Kabupaten Muna mulai terlihat. Penataan kawasan perkotaan dilakukan Bupati Muna, LM Rusman Emba. Terbaru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menganggarkan dana Rp. 5 miliar lebih untuk membangun rumah adat di pusat kota Raha. Proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tersebut ditargetkan tuntas tahun 2017 ini juga.

Sayangnya, berapa unit rumah adat yang akan dibangun, justru belum diketahui secara pasti. Namun yang jelas, rumah-rumah adat tersebut akan menjadi ikon baru di Raha sebagai Ibu Kota Kabupaten Muna. “Ini akan bagus desainnya. Sebab konstruksinya terbuat dari kayu jati asli. Tentu akan menjadi ikon kota dan obyek wisata,” ujar Kadis PU Muna, H. La Ode Bou saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/7).

Pembangunan rumah adat menurut mantan Asisten II tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan ciri khas Kabupaten Muna. Sebab, tinggal di daerah itu yang tak memiliki rumah adat besar. Padahal, Muna merupakan bagian dari kerajaan di Sulawesi Tenggara sejak dulu. Selain itu, untuk mengangkat raja harus memiliki rumah adat sebagai persyaratan. “Ini penting. Semua simbol Muna akan disatukan. Tentunya tak akan menghilangkan kultur. Bahkan bertambah bagus,” katanya, tetapi tak mengetahui pasti luas lahan yang akan digunakan nanti.

Dengan tuntasnya pembangunan proyek itu, ia yakin pada tahun 2018, wajah Kota Raha mulai berubah. Dari sisi estetika, Raha akan semakin indah. Sebab, titik-titik kekumuhan kota dapat berubah dengan munculnya bangunan megah. “Dekat dengan bangunan masjid dan lokasi wisata kuliner. Intinya, memperindah lagi kota Raha,” tandas mantan Kabag Pembangunan ini. (c/ery)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top