Pemkab Konut Target WTP di Tahun 2018 – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Utara

Pemkab Konut Target WTP di Tahun 2018

Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu (kedua dari kanan) mengecek daftar aset daerah pada instansi yang dikunjunginya, Selasa(25/7).
HELMIN TOSUKI/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Status disclaimer dalam tata kelola keuangan dan aset baru saja bisa dilepaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) dari penilaian opini BPK. Tahun ini, raihan pengakuan sudah naik level menjadi wajar dengan pengecualian (WDP). Meski begitu, predikat opini yang diberikan BPK tahun ini tak membuat Pemkab Konut berbangga.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konut, Marthen Minggu bahkan secara langsung turun lapangan mempertanyakan pada bendahara barang SKPD terkait keberadaan aset yang dimiliki. “Nanti menjadi rujukan kita untuk menindaklanjuti di lapangan. Karena memang target kita tahun 2018, Konut sudah harus WTP. Kendalanya ada pada pengelolaan aset,” ujar Marthen Minggu, kemarin saat melakukan pengecekan aset di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD).

Tak hanya DPMPD yang menjadi lokasi pengecekan, beberapa instansi lain juga didatangi. “Dari total nilai aset kita sebesar Rp 1,3 triliun terdapat sekitar Rp 100 miliar bermasalah. Ada yang tidak ditahu keberadaannya karena sudah dibawa pengguna aset sebelumnya. Seperti kendaraan roda dua maupun roda empat. Ini yang sementara ditelusuri. Kemudian ada aset yang nilanya sudah tidak ada, tetapi masih tercatat,” ujar mantan Kepala Inspektorat Konut itu.

Untuk memaksimalkan penelusuran aset, BPKAD Konut menggandeng unsur kepolisian. “Saya juga minta sikap kooperatif PNS yang sudah berpindah tugas dari Konut namun masih menguasai kendaraan dinas agar disampaikan pada BPKAD. Makanya dukungan dari semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk target WTP ini,” pinta Marthen Minggu. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top