Kabar Gembira ! Tunjangan Profesi 2.177 Guru di Kota Kendari Cair Pekan Depan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Kabar Gembira ! Tunjangan Profesi 2.177 Guru di Kota Kendari Cair Pekan Depan

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar bahagia meliputi para guru di Kota Kendari. Sebabnya, pekan depan, mereka bakal menerima gaji double, yakni gaji bulan berjalan, serta tunjangan profesi guru (TPG) untuk triwulan II. Informasi itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Kendari, Sartini Sarita.

Menurut dia, pencairan TPG triwulan II sudah dalam proses perampungan administrasi. “Saya sementara tanda tangan berkasnya. Kemungkinan, pekan depan bisa cair bertahap,” kata Sartini Sarita, Selasa (25/7). Dia menjelaskan, ada 2.177 guru di metro ini akan menerima tunjangan yang didanai APBN tersebut. Jumlah itu mencapai 75 persen dari total guru se Kota Kendari. “Tidak semua dapat karena ada persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya, untuk guru SD, harus memenuhi jam mengajar selama 24 jam seminggu. Sedang guru SMP, 24 jam seminggu dihitung sesuai mata pelajarannya,” jelasnya.

Besaran tunjangan yang diterima setiap guru sesuai gaji pokok. Dalam hal ini, berdasarkan pangkat dan golongan serta lama mengajar guru. Sedangkan total anggaran yang disiapkan di APBN untuk TPG Kota Kendari mencapai Rp 87 miliar. “Pencairannya bertahap. Misalnya, tahap I sebesar 30 persen, tahap II dan III masing-masing 25 persen dan tahap IV sebesar 20 persen. Tahap II ini anggarannta sekira Rp 20 miliar lebih,” terangnya.

Sartini melanjutkan, proses pencairan TPG tersebut akan ditransfer lewat rekening masing-masing. Prosedurnya, dinas akan memverifikasi calon penerima TPG berdasarkan persyaratan untuk diusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selanjutnya, akan diputuskan layak atau tidak yang bersangkutan menerima tunjangan. “Jadi kita terima SK penetapan dari pusat. Jumlah itulah yang diserahkan ke BPKAD untuk dibayarkan,” jelasnya.

Dia berharap, TPG ini semakin menambah motivasi para guru untuk melaksanakan tugas mengajarnya. Sebabnya, pemerintah sudah sangat menjamin kesejahteraan para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. “Tidak ada alasan lagi guru itu malas. TPG ini tujuannya untuk menambah kinerja mereka,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top