Didesak DPRD Sultra Soal Penyerahan Draf APBD-P, Ini Penjelasan Plt Gubernur – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Didesak DPRD Sultra Soal Penyerahan Draf APBD-P, Ini Penjelasan Plt Gubernur

Nursalam Lada

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra mendesak eksekutif untuk segera menyerahkan draf rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Sultra tahun 2017. Mengingat waktu pembahasan penetapan dan pelaksanaan program kegiatan sudah sangat minim. Sehingga agar tidak terburu-buru membahas draf, legislatif meminta konsep APBD-P diserahkan paling lambat awal Agustus. “Dalam beberapa kali pertemua, kita juga sudah meminta dimasukan segera. Kita juga berhitung persoalan waktu. Supaya kalau ada kegiatan yang belum selesai, segera dituntaskan. Utamanya sektor infrastruktur,” ujar Nursalam Lada, Wakil Ketua DPRD Sultra, Selasa (25/7).

Menurut politisi PDIP itu, saat ini merupakan penghujung periode kepemimpinan pasangan Nur Alam-Saleh Lasata. Sehingga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sultra yang sudah ditetapkan bersama tidak terlewatkan. “Biasanya (pembahasan APBD-P) nanti September tapi karena ini periode terakhir, kita sudah berkomitmen ini agar lebih cepat dibahas. (Draf APBD-P) sudah harus masuk Agustus,” ungkapnya.

Nursalam Lada memaklumi kondisi Pemprov Sultra tanpa Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam namun mekanisme pemerintahan dan roda pembangunan harus tetap berjalan. Apalagi, sebelumnyaNur Alam telah melakukan asistensi terhadap semua dinas. Sehingga draf itu sebetulnya sudah hampir rampung. Jadi tak berlebihan jika legislatif mendesak agar draf APBD-P segera diselesaikan.

Untuk sektor yang menjadi prioritas dalam penyusunan raperda APBD-P itu, Nursalam menitikberatkan pada infrastruktur jalan. “Jangan dulu urus yang lain. Infrastruktur jalan ini terpenting karena memengaruhi sektor ekonomi sosial dan pemerintahan secara langsung. Apalagi di Maligano, Butur dan Buton Selatan itu parah sekali walau pun di daratan juga ada yang rusak tapi menurut saya kepulauan itu butuh tindakan cepat,” paparnya.

Desakan itu ditanggapi oleh Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata. Ia mengaku sepakat dengan pemikiran legislatif agar APBD-P dibahas lebih cepat. “Kita sudah siap, satu minggu ke depan Insya Allah sudah rampung. Sekarang masih diselesaikan sama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra,” ujar Saleh Lasata. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top