Calon Panwas Pilgub Sultra Jalani Fit and Proper Test – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Calon Panwas Pilgub Sultra Jalani Fit and Proper Test

KENDARIPOS.CO.ID — Tim seleksi (Timsel) panitia pengawas pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melaporkan sekaligus mengajukan calon anggota Panwaslu kabupaten/kota kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra. Dari 12 orang yang mengikuti tes wawancara, menghasilkan enam orang disetiap kabupaten/kota. Selanjutnya, Bawaslu Sultra akan melakukan fit and proper tes keenam calon panwas tersebut.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan, fit and proper test akan dimulai hari ini, 26 Juli 2017. Sesuai jadwal, akan dilakukan kepada calon panwas di zona tiga dan zona empat. Yakni Zona tiga Muna, Mubar, Butur, dan Buteng. Kemudian, zona empat Baubau, Wakatobi, Buton, Buton. “Pelaksanaannya kita pusatkan di Baubau,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/7).

Dalam fit and proper test itu, kata dia, akan dilakukan oleh Bawaslu Sultra. “Semua komisioner turun langsung melakukan fit and proper test. Pelaksanaannya akan rekam agar semua bisa melihat,” ungkapnya. Dalam fit and proper test itu lanjut dia, para calon Panwas akan diminta menyampaikan visi misi sebagai seorang pangawas pemilu. “Kita meminta calon menyampaikan visi misi dan kegiatan seperti apa yang akan dilakukan dalam mengawasi penyelenggaraan Pilgub nantinya. Mereka juga harus memastikan bahwa penyelenggaraan kali ini lebih baik dari sebelumnya,” tegasnya.
Fit and proper test, akan menghasilkan tiga nama yang akan menjadi komisioner di setiap kabupaten/kota. Sedangkan, tiga sisanya adalah menjadi waiting list (daftar tunggu). “Jadi, tiga panwas yang dihasilkan itu nantinya jika tidak ada halangan tanggal 14 Agustus kita lantik sekaligus ikut Bimtek,” jelasnya.
Untuk zona satu dan zona dua akan dilaksanakan pada 3 Agustus nanti. Zona satu adalah Kota Kendari, Konawe, Konsel, Konut, Konkep. Sedangkan zona dua adalah Bombana, Koltim, Kolaka dan Kolut. Pelaksanaannya pun antara di Kota Kendari dan Kolaka. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top