Baliho Bacagub Sumbang PAD Ratusan Juta Untuk Kota Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Baliho Bacagub Sumbang PAD Ratusan Juta Untuk Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra baru akan digelar tahun depan dan sebagian tahapan dimulai tahun ini. Namun belum lagi tahapan Pilgub ditabuh, momen politik itu menjadi berkah bagi Pemkot Kendari. Sebab, uang ratusan juta sudah mengalir di pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari. Pendapatan itu bersumber dari pajak baliho di papan reklame.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendaftaran Pajak dan Retribusi BPPRD Kota Kendari, Maman Firmansyah. “Pemasukkan dari situ (baliho) cukup banyak. Memang angka pastinya kita tidak hitung, hanya kalau diakumulasikan bisa ratusan juta rupiah,” ujar Maman, Selasa (25/7).

Melihat potensi pajak reklame yang begitu besar, BPPRD Kota Kendari berupaya memaksimalkannya untuk menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah. Salah satu upaya itu adalah melakukan revisi Peraturan Wali Kota Kendari Nomor 58 Tahun 2015 tentang nilai sewa pajak reklame. Hasil revisi tersebut disosialisasikan kepada seluruh asosiasi dan vendor reklame di Metro Kendari, kemarin.

Kepala BPPRD, Nahwa Umar mengatakan salah satu poin perubahan Perwali tersebut mengenai kenaikkan pajak reklame sebesar 25 persen. “Sebelum kenaikan itu, target kita dari pajak reklame hanya Rp 1,8 miliar. Kalau Perwali baru disetujui, bisa meningkat sampai Rp 500 juta yakni Rp 2,3 miliar,” ujar Nahwa Umar saat ditemui usai sosialisasi di salah satu hotel di Kota Kendari.

Dengan peningkatan itu, Nahwa Umar optimis target PAD sebesar Rp 200 miliar akan tercapai. Bahkan melebihi target PAD yang telah ditetapkan. “Salah satunya reklame ini memang potensinya besar. Kenaikan ini juga kami sesuaikan dengan kemampuan pelaku usaha. Alhamdulillah mereka mau mengerti,” ungkapnya. Soal indikator kenaikan itu, salah satunya dengan meningkatnya nilai objek pajaknya. Menurut Nahwa Umar, kenaikan 25 persen itu masih sangat realistis. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top