Baleg DPRD Sultra Kebut Pembahasan Lima Raperda Inisiatif – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Baleg DPRD Sultra Kebut Pembahasan Lima Raperda Inisiatif

Bustam

KENDARIPOS.CO.ID — Lima rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif DPRD Sultra kini masuk pembahasan naskah akademik. Sejak Senin lalu, anggota Badan Legislasi (Baleg) sudah duduk bersama sejumlah instansi dan organisasi terkait untuk membahas satu per satu kelayakan naskah akademik itu untuk ditetapkan sebagai produk hukum dewan.

Kepala Badan Legislasi DPRD Sultra, Bustam mengungkapkan kelima raperda dimaksud yakni raperda tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat, raperda tentang penanggulangan kemiskinan, raperda tentang perlindungan perempuan dan anak. Selain itu ada raperda tentang perusahaan penjamin kredit jamkrida dan raperda penyatuan data pembangunan Sultra.

“Kelima raperda yang kami prakarsai itu dianggap penting. Misalnya soal perlindungan perempuan dan anak itu karena di Sultra angka kejadian itu masih tinggi. Kemiskinan juga begitu masih diatas 13 persen. Lalu raperda penyatuan data pembangunan ini mengatur adanya kesamaan data yang dikeluarkan BPS, BKKBN, Dukcapil,” ujar Bustam usai pembahasan naskah akademik, Selasa (25/7) di Sekretariat DPRD Sultra.

Lebih lanjut, Bustam menuturkan Baleg Sultra menargetkan raperda yang digodok itu sudah bisa ditetapkan Agustus. “Setelah pembahasan kita tinggal penajaman saja. Mudah-mudahan semua naskah akademik itu tidak ada masalah,” tambahnya.

Terkait anggaran penyusunan naskah akademik setiap perda itu dianggarkan Rp 50 juta. Untuk lima raperda inisiatif dewan dibutuhkan anggaran sekira Rp 250 juta untuk membiayai seluruh kegiatan terkait penyusunan peraturan daerah. Jumlah itu diakui dewan sangat minim. Apalagi jika dibandingkan dengan provinsi lain yang rata-rata berada diatas angka Rp 100 juta per raperda. Namun wakil rakyat tetap memaksimalkan dana tersebut. “Kita paham dengan kondisi keuangan daerah saat ini. Kita optimalkan saja itu,” pungkas Bustam. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top