Stok Langka, Harga Garam di Baubau Melonjak – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bau-bau

Stok Langka, Harga Garam di Baubau Melonjak

Pedagang di Pasar Wameo Kota Baubau saat sedang melayani pembeli garam. Harga bumbu dapur tersebut kini naik akibat stok garam yang langka.
AKHIRMAN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Kelangkaan stok garam yang terjadi saat ini mulai melanda daerah hingga di Kota Baubau. Para pedagang mengeluhkan langkanya stok bahan bumbu dapur tersebut. Kondisi itu memicu harga di pasaran melonjak tajam. Beberapa pedagang yang masih memiliki stok garam untuk dijual berani menaikkan harga hingga dua kali lipat. “Harga garam ini naik terus. Awalnya hanya sedikit, sekarang sudah lebih mahal lagi. Bahkan ada yang jual dua kali lipat dari harga sebelumnya,” keluh Wa Anti, seorang pembeli di Pasar Wameo Kota Baubau, Senin (24/7) diamini warga lainnya, Nurni.

Sementara itu, pedagang garam bernama Afiani mengatakan, lonjakan harga sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Khususnya garam kasar. “Saya juga kaget. Biasanya saya beli Rp 65 ribu satu karung, sekarang naik menjadi Rp 120 ribu. Makanya, saya juga kasih naik harga eceran. Biasanya Rp 4.000 tiap liter jadi Rp 5.000,” akunya bersama rekannya, Wa Awie, kemarin.

Pedagang sembako lainnya mengaku sudah tidak menjual garam lagi. “Sejak minggu lalu, langganan saya sudah tidak punya stok garam. Katanya pasokan dari Surabaya dan Maumere kosong. Makanya, saya tidak jualan lagi,” kata Wa Ode Mulia.

Anehnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau, Radjlun mengaku belum tahu jika stok garam di pasaran mengalami kelangkaan dan harga melonjak tajam. Padahal persoalan tersebut telah dirasakan penjual dan pembeli sejak beberapa minggu lalu. “Yang berkurang mungkin pasokannya, ya. Tapi saya cek dulu ke distributor apa masalahnya. Karena sudah beberapa bulan ini kita memang tidak cek lagi stok garam,” pungkasnya. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top