Pemkot Kendari Terima Hibah 105 Rumah dari Kementerian PUPR – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Pemkot Kendari Terima Hibah 105 Rumah dari Kementerian PUPR

Warga Kelurahan Punggaloba yang bermukim di kawasan Tahura yang akan direlokasi.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana relokasi warga Kelurahan Punggaloba yang bermukim di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) akan segera direalisasikan. Hal itu menyusul telah rampungnya pengerjaan hunian yang akan ditempati warga relokasi. Sebanyak 105 unit rumah yang dibangun di Kelurahan Purirano yang dihibahkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Kementerian PUPR) sudah diterima oleh Pemkot Kendari.

Penerimaan hibah tersebut dibenarkan Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Askar Mahmud.

Saat ini Pemkot tengah melakukan pendataan dan verifikasi kepada warga yang akan menghuni rumah tersebut. “Kami sudah terima 105 unit. Sisanya belum diserahkan dari pusat. Warga kita data ulang, kemungkinan yang dipindahkan tidak sampai jumlah rumah yang 105 itu. Sisanya itu menunggu hunian yang lain rampung,” ujar Askar di ruang kerjanya, Senin (24/7).

Menurut Askar Mahmud, 105 unit rumah yang diterima Pemkot tidak secara semuanya untuk warga relokasi dari Punggaloba. Sebagian akan diserahkan bagi warga Purirano. “Menghindari kecemburuan sosial. Kami akan berikan juga untuk warga setempat (Purirano),” tukasnya.
Hanya saja, meski hibah rumah sudah diterimanya, Pemkot kini masih terkendala pada penyerahan tanah yang belum tuntas. Dikatakannya, Pemkot sedang menuntaskan administrasi penyerahan kepemilikan tanah tersebut. “Tanahnya itu kan dibeli menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan akan diserahkan ke kami (Pemkot). Hanya saja, administrasinya belum selesai,” ungkap Askar.

Jadwal relokasi belum ditetapkan karena masih akan dikoordinasikan dengan Pemprov Sultra. “Pemkot hanya berwenang pada penyediaan lahan dan rumah tempat relokasi. Soal pemindahan warga, itu kewenangan bersama dengan Pemprov. Kita akan komunikasikan dulu, yang jelas tidak akan lama lagi,” imbuhnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top