NPHD Diteken, Anggaran Pilkada Konawe Rp 54,9 M – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

NPHD Diteken, Anggaran Pilkada Konawe Rp 54,9 M

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Konawe sudah siap dihelat. Naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yang menjadi kunci sumber anggaran telah diteken oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Anggaran yang disetujui oleh pemerintah daerah (Pemda) sebesar Rp 59,9 miliar, yang bakal dibayarkan secara bertahap, 2017 dan 2018.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, Ferdinand mengatakan, anggaran tersebut sudah sesuai dengan usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni Rp 15 M untuk tahun 2017 dan Rp 39,9 M pada tahapan 2018. Meski begitu, penandatanganan NPHD hanya dilakukan satu kali supaya tidak mengganggu tahapan Pemilukada. “NPHD yang diteken Rp 49,9 M. Untuk 2017 sebesar Rp 15 M, dan 2018 Rp 39,9 M. Untuk proses transfernya, kita akan menunggu KPU Konawe melakukan registrasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), setelah dapat kode registrasi baru bisa kita transfer ke rekening mereka,” terangnya.

Lanjut Ferdinand, sebelum NPHD diteken, sudah ada kesepakatan supaya anggaran Pilkada dikontrol secara bersama-sama, sehingga untuk proses pencairan akan dilakukan secara bertahap. Tahap pencairan awal sebesar 50 persen dari anggaran, sedangkan sisanya akan ditransfer sesuai kebutuhan KPU, setelah membuat surat pertanggung jawaban (SPJ). “Dilakukan secara bertahap, agar penggunaan anggaran bisa dikontrol. Jangan sampai ada anggaran yang bersisa itu tidak dapat dipertanggung jawabkan, makanya kita berikan sesuai kebutuhan,” terangnya.

Ferdinand juga menambahkan, soal keterlambatan penandatanganan NPHD oleh Pemda Konawe karena adanya analisa anggaran, sehingga proses penganggarannya alot, dan dilakukan secara hati-hati. “NPHD ini bukan dari pusat, tapi dibebankan kepada daerah, jadi daerah sendiri yang siapkan, dan bukan melalui dana transfer khusus, sehingga kita perlu mengkaji dulu, menyisipkan anggaran itu melalui PAD atau dana transfer lain daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Konawe, Sarmadan mengungkapkan, akan segera melakukan registrasi di Kementerian Keuangan, agar tahapan Pemilukada Konawe bisa cepat berjalan. “Alhamdulillah, NPHD sudah diteken, artinya tahapan juga bisa segera dilaksanakan. Kita juga setuju kalau ada kontrol dari Pemda, sehingga anggaran yang ada nantinya bisa dipertanggungjawabkan semua. Ya, soal anggaran ini tidak bisa main-main, makanya kami juga sepakat,” tutupnya. (hel/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top