Kerugian Petani Bakal Ditanggung Asuransi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Kerugian Petani Bakal Ditanggung Asuransi

Sawah yang terendam. Dok/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengantisipasi kerugian dari bencana banjir yang dialami para petani di Amohalo dan Labibia, Pemkot melalui Dinas Pertanian dan Peternakan akan segera membuka asuransi. Targetnya, seluruh petani padi dapat segera mendapat jaminan pada usaha pertaniannya. Program tersebut merupakan tindak lanjut dari program nasional Kementerian Pertanian RI bernama asuransi usaha tani padi (AUTP).

Distanper selaku pelaksana teknis program tersebut akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Sultra tentang tata pelaksanaannya.”Kita targetkan tahun ini sudah bisa berjalan (AUPT) itu. Upaya koordinasi terus kita lakukan,” ujar Sitti Ganef, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/7).

Sebanyak kurang lebih 300 orang petani yang terdiri dari, 250 orang petani padi di Amohalo dari 15 kelompok tani dan 50-an petani di Labibia dari empat kelompok tani akan segera didaftarkan sebagai peserta. “Persawahan kita kan hanya di sana (Amohalo dan Labibia). Jadi target kita hanya sejumlah itu,” sambung Ganef.

Dalam ketentuan AUTP yang diatur Kementan tersebut, lanjut Ganef, petani sebagai peserta akan mendapat jaminan terhadap padi yang diasuransikannya. Sehingga, kendatipun petani mengalami paceklik semisal sawah mengalami kekeringan, padi terserang hama ataupun padi tergenang banjir, kerugian petani akan ditanggung oleh asuransi.

“Jadi mereka tidak usah khawatir merugi dalam tiga kondisi tadi. Kalau saya tidak salah, asuransi per hektar sekitar enam jutaan. Ini memang tujuannya untuk melindungi petani padi kita dari ancaman kerugian karena faktor alam,” ungkap Sitti Ganef. Menyangkut tata cara pendaftaran asuransi, Ganef menjelaskan, petani cukup mendaftarkan diri dengan menyertakan luasan lahan sawah miliknya. “Pihak asuransinya dan besaran preminya masih akan kami bahas bersama nantinya,” pungkasnya. (Alfin)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top