Jalur Morosi-Kendari Butuh Rp 30 Miliar, Pengerjaan Butuh Waktu Tiga Tahun – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Jalur Morosi-Kendari Butuh Rp 30 Miliar, Pengerjaan Butuh Waktu Tiga Tahun

Kepala Dinas PU Kota Kendari, Faisal Alhabsy

KENDARIPOS.CO.ID — Dibawah kendali Wali Kota Kendari, Asrun, Pemkot terus berupaya mengoptimalkan potensi ekonomi yang dapat menunjang pembangunan. Semua sektor dimaksimalkan, tidak terkecuali upaya menangkap potensi ekonomi dari kawasan pertambangan di Morosi Kabupaten Konawe.

Pemkot Kendari melalui Dinas Pekerjaan Umum saat ini tengah mengerjakan jalur jalan yang akan menghubungkan Kota Kendari dan Morosi, Konawe. Untuk merealisasikan rencana itu, PU Kota membutuhkan dana Rp 30 miliar. Kepala Dinas PU Kota Kendari, Faisal Alhabsy mengatakan pekerjaan jalan yang akan menembus bukit dan hutan tersebut tergolong rumit. Setidaknya, 100 ribu kubik tanah akan menjadi tantangan pekerjaan jalan. “Jadi kita belah gunung dan menimbun jurang. Makanya butuh dana besar,” ujar Faisal Alhabsy, Senin (24/7).

Untuk tahun ini, proyek itu sedang dalam tahap pekerjaan pembukaan lahan. Tingkat kesulitannya cukup tinggi sehingga target penyelesaian tahun ini pun sebatas pembukaan jalur jalan. “Tahun ini hanya Rp 5 miliar dianggarkan. Di (APBD) perubahan pun belum kita usulkan lagi,” ungkap Faisal Alhabsy.

Jalan yang akan menghubungkan Puuwatu (Kota Kendari) dan Morosi itu memiliki panjang tiga kilometer dan lebar 40 meter. “Yang masuk diwilayah kita kan hanya satu kilometer, sisanya sudah masuk wilayah Konawe. Sehingga, kita hanya mengerjakan yang satu kilometer itu, sedang sisanya kita usulkan masuk di APBN,” ungkap Faisal.

Diproyeksikan pengerjaan proyek tersebut akan memakan waktu selama tiga tahun. Sistem kontrak yang diterapkan yakni kontrak tunggal (per tahun anggaran). Faisal memprediksi tiga tahun ke depan akses jalan itu sudah bisa digunakan. Kendati menyedot anggaran tidak sedikit, potensi pendapatanyang dapat diperoleh Kota Kendari dari pembukaan jalan tersebut sangatlah besar. Salah satunya waktu tempuh lebih pendek. Jika sebelumnya, untuk mencapai Morosi butuh waktu sekira 45 menit. “Kalau jalanya sudah jadi, sisa 15 menit saja kita tempuh. Belum lagi income ekonominya. Disana kan (Morosi) kawasan tambang, otomatis semua pekerja pasti akan ke Kendari berbelanja. Perputaran ekonominya bisa besar sekali,” pungkasnya. (m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top