Pariwara
Konawe Utara

Empat Destinasi Wisata Jadi Target Retribusi Pemkab Konawe Utara

DOK/HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
Pulau Labengki, salah satu obyek wisata di Konut yang diproyeksi dapat memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah.

KENDARIPOS.CO.ID — Rancangan peraturan daerah (Raperda) penarikan retribusi masuk obyek wisata yang diajukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Konawe Utara (Konut) telah dibahas bersama Badan Pembentukan Perda (BPP) DPRD. Kini Raperda tersebut tinggal dikonsultasikan ke Biro Hukum Pemprov Sultra untuk selanjutnya ditetapkan menjadi produk hukum daerah.

“Dari Raperda itu, ada empat lokasi yang menjadi titik penarikan biaya masuk lokasi wisata,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Konut, Yade Rianto, Senin (24/7). Destinasi dimaksud adalah Pantai Pudonggala dan Pantai Tanjung Taipa di Kecamatan Sawa, air panas Wales di Kecamatan Wawolesea dan wisata laut Labengki di Kecamatan Lasolo Kepulauan.

“Pada empat titik lokasi penarikan retribusi itu dilakukan karena sudah ada beberapa fasilitas pemerintah di kawasan itu,” ujar mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut. Dalam Raperda retribusi masuk kawasan obyek wisata, Yade Rianto merinci biaya yang ditarik dari setiap pengunjung bervariasi. Untuk pengunjung lokal, warga Konut dibebankan sebesar Rp 2000 tiap orang. Sedangkan warga luar daerah sebesar Rp 5000 tiap wisatawan.

“Sementara pengunjung mancanegara dibebankan retribusi masuk Rp 100 ribu tiap orang. Itu berlaku pada objek wisata Labengki. Apabila Raperda ini sudah ditetapkan menjadi Perda, tahun 2018 nanti kami memproyeksi pendapatan asli daerah ada sektor ini bisa di atas Rp 500 juta,” ujar Yade Rianto. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top