Periode Januari-Juni 2017, Kejati Selamatkan Duit Negara Rp 2,1 Miliar – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Periode Januari-Juni 2017, Kejati Selamatkan Duit Negara Rp 2,1 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra berhasil menyelamatkan duit negara sebesar Rp 2,1 miliar sepanjang semester I 2017. Informasi itu disampaikan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sultra, Masnaeny Jabir saat menggelar expose kinerja Kejati selama periode Januari-Juni usai upacara Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-57, Sabtu (22/7). Seyogyanya, expose tersebut akan dipimpin Kajati Sultra, Azhari, namun karena ada agenda penting yang tidak bisa ditinggalkan, sehingga diwakilkan.

Masnaeny Jabir SH., MH yang didampingi seluruh asisten di Kajati menjelaskan, pada kasus pidana khusus (Pidsus) perkara yang sedang ditangani secara keseluruhan mencapai 30 kasus pada proses penyelidikan. Dari semua kasus itu, berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp. 2.190.859.700. “Ini kasus Pidsus gabungan dari Kejati dan seluruh Kejari se Sultra. Setiap Kejari memiliki penyelidikan dan penyidikan bahkan ada juga yang telah incracth,” jelasnya.

Sedangkan, pada bidang pidana umum (Pidum), Kejati Sultra medapatkan surat pemberitahuan dimulainya penyelidikan (SPDP) dari pihak Kepolisian mencapai 1125 perkara. Selanjutnya, SPDP yang dilanjutkan dengan berkas perkara mencapai 967 berkas. “Bila SPDP yang diterima Kejaksaan dari Kepolisian itu tidak semua ada berkasnya atau dilanjutkan, jadi yang dilanjutkan dan ada berkasnya hanya 967 berkas. Kemudian dari SPDP yang telah diteliti itu yang sampai ketahap I atau tahap II sudah 860 perkara. Ini perkara Pidum seluruh wilayah hukum Kejati Sultra,” terangnya.

Selanjutnya, kasus menonjol pada Pidum adalah terkait narkotika. Jumlahnya mencapai 119 kasus, tindak pidana perikanan dua kasus, tindak pidana pelayaran 10 kasus dan tindak pidana ITE 5 kasus. “Kasus yang ditangani ada kategorinya dan paling menonjol adalah narkoba. Ini bisa menjadi perhatian serius,” katanya.

Sebelum expose kinerja, di awali dengan pelaksanaan upacara memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke-57 di halaman Kejati Sultra. Upacara dipimpin langsung Kajati Sultra, Azhari, SH.,MH dan diikuti seluruh pegawai Kejati dan Kejari se Sultra. Kajati yang memimpin dan membacakan amanat dari Jaksa Agung RI, HM Prasetyo mengatakan, HUT kali ini merupakan momentum melakukan evaluasi, perenungan dan intropeksi diri. “Apa yang telah kita dedikasikan dan persembahkan untuk negara ini. Hal tersebut harus dimaknai oleh segenap jajaran Kejaksaan sebagai aparatur pemerintah dan negara,” terangnya.

Mantan Wakajati Jambi menambahkan, HBA tahun ini bertema “Satu tujuan, satu sikap, dan satu hati untuk negeri”. Dimana setiap kata memikili arti seperti satu tujuan dimaknai sebagai adanya kesatuan arah, visi dan misi yang sama. Satu Sikap dimaknai sebagai adanya kesatuan gerak langkah dan tindakan untuk menjamin dilaksanakannya setiap tugas dan fungsi insan Adhyaksa. “Untuk satu Hati artinya setiap insan Adhyaksa berkomeitmen akan bekerja dengan penuh keiklasan, ketulusan dan kejujuran,” pesannya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top