Pelajaran Berharga Timnas Sebelum ke SEA Games – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Olahraga

Pelajaran Berharga Timnas Sebelum ke SEA Games

KENDARIPOS.CO.ID — Luis Milla harus menguburkan impiannya untuk membawa Indonesia meraih prestasi di Piala AFC U-23 yang berlangsung di Tiongkok, 2018 mendatang. Itu setelah tim besutannya, Garuda Muda — julukan timnas U-22– gagal melaju ke putaran final setelah hanya bermain imbang tanpa gol melawan Thailand di National Stadium, Bangkok, tadi malam.

Memang, dalam turnamen itu, hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan ambisi besar Indonesia untuk lolos ke putaran final. Itu setelah dua jam sebelum pertandingan, Malaysia yang menjadi pesaing utama Indonesia sudah lebih dulu memastikan satu tempat ke Tiongkok dengan mengalahkan Mongolia dua gol tanpa balas.

Setelah pertandingan, Milla mengungkapkan bahwa dia merasa sangat terpukul dengan hasil imbang tersebut. Bagi dia, hasil itu tidak adil bila dibandingkan dengan penampilan para pemainnya sepanjang laga. “Saya sangat sedih, karena pemain saya bekerja sangat keras. Mereka seharusnya dapat hadiah lolos dari grup. Namun sangat disayangkan hasilnya tidak mendukung,” keluhnya.

Dengan hasi imbang tersebut, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan hanya finish di peringkat tiga klasemen grup H dengan mengoleksi 4 poin. Dari grup tersebut, Malaysia yang berada di puncak klasemen dengan koleksi 6 poin serta Thailand yang mengoleksi 5 poin berhasil lolos ke putaran final.

Dalam laga itu, karena berburu kemenangan, Milla langsung bermain dengan formasi menyerang sejak awal pertandingan. Septian David Maulana, Febri Haryadi dan Yabes Roni ditugaskan sebagai trisula di lini depan. Marinus Maryanto Manewar yang dalam dua pertandingan terakhir selalu menjadi striker tunggal, sengaja disimpan oleh pelatih asal Spanyol itu.

Kedua tim sejatinya mampu mengeluarkan permainan terbaik mereka. Sayang, itu tidak berlangsung lama setelah hujan deras mengguyur stadion sepanjang pertandingan yang mengakibatkan hampir seluruh lapangan tergenang air. Kondisi itu membuat para pemain dari kedua tim terpaksa bermain dengan mengandalkan bola jauh.

“Kami sebenarnnya sudah memahami cara bermain Thailand. Dan, apa saja yang harus kami lakukan untuk pertandingan itu sudah kami simulasikan sebelum pertandingan,” ujar Milla. “Tapi, kami mendapat masalah lain setelah masuk ke dalam lapangan. Kondisi lapangan tidak ideal karena banyak genangan membuat pemain harus kerja keras,” ucapnya.

Terlepas dari itu, kegagalan Indonesia tersebut adalah kesalahan penentuan starter oleh Milla di pertandingan pertama melawan Malaysia. Kebijakan dia untuk menyimpan sejumlah pemain utama seperti Rizaldi Hehanusa, Hansamu Yama, Saddil Ramdani, dan Evan Dimas adalah sebuah spekulasi gagal yang mengakibatkan Indonesia dibantai oleh Malaysia tiga gol tanpa balas.

Meski begitu, mantan kapten timnas Indonesia, Ferril Raymond Hattu, mentatakan bahwa, publik sepak bola Indonesia jangan terburu-buru untuk mengadili Luis Milla dan pasukannya yang baru gagal lolos ke Piala AFC U-23 itu. “Sebab, target utama mereka ada di SEA Games. Jadi, berilah kesempatan bagi mereka,” bela Ferril.

Ferril lantas mencontohkan bahwa, dia dan kawan-kawannya juga pernah mengalami hal serupa sebelum sukses meraih medali emas di SEA Games 1991. Ketika itu, Ferril dan rekan-rekannya harus menyerah dari Mesir, Malta dan Korea Selatan dengan total skor 12-0 dalam Piala Kemerdekaan sebelum berangkat ke SEA Games.

Tapi, kata Ferril, semua pemain bisa belajar dari kegagalan itu dan berhasil tampil baik selama SEA Games berlangsung. “Jadi, kritik itu lebih pantas dilayangkan ke Milla bla mereka gagal di SEA Games. Karena, target utama dia adalah di SEA Games. Dan, saya yakin, beberapa pergantian formasi selama di kualifikasi ini, hanya bagian dari strategi pelatih,” jelasnya. (ben)

Klasemen Akhir Grup H

1. Malaysia 3 2 0 1 5-3 6

2. Thailand 3 1 2 0 4-1 5

3. Indonesia 3 1 1 1 7-3 4

4. Mongolia 3 0 1 2 1-10 1

 Catatan: peringkat 1 dan 2 lolos ke putaran final

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top