Mantap ! SMP Frater Kendari Sabet Medali di Olimpiade Mathematics Invitational Vietnam – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Mantap ! SMP Frater Kendari Sabet Medali di Olimpiade Mathematics Invitational Vietnam

Siswa SMP Frater Kendari, Adrian Aryaputra Hamzah, yang berhasil meraih medali perunggu di olimpiade WMI 2017 di Vietnam. Foto : SMP Frater for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Siswa SMP Frater Kendari ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hal itu dibuktikan dengan salah seorang siswanya, Adrian Aryaputra Hamzah yang berhasil menyabet medali perunggu dalam Olimpiade World Mathematics Invitational (WMI) 2017, di Ho Chi Minh City Vietnam.

Grand Final olimpiade WMI ini, diikuti 10 negara, yakni Indonesia, Amerika Serikat, Iran, China, Taiwan, Hongkong, Macau, Malaysia, Filipina dan Thailand, pada 14 s/d 18 Juli lalu. Hal itu disampaikan Kepala SMP Frater Kendari, Yoseph Lenaman. Dia pun mengaku bangga atas prestasi yang baru diraih siswanya tersebut. Artinya, SMP Frater Kendari mampu membuktikan eksistensinya hingga di level internasional. “Padahal baru kali ini, saya mengutus siswa diajang bergensi itu. Namun berangkat dari dasar kemampuan siswa yang bersangkutan sudah luar biasa, ditambah dengan pembinaan yang maksimal, sehingga bisa bersaing secara global,” ungkapnya bangga.

Dijelaskan Yoseph, siswanya yang kerap disapa Adrian itu, telah mewujudkan mimpinya untuk go internasional, melalui bakatnya dalam bidang Matematika. Sebab untuk mencapai itu, anak yang baru berusia 13 tahun tersebut harus proses seleksi yang panjang. Indonesia mengirim peserta terbanyak berjumlah 357 orang, mulai dari jenjang TK sampai SMA. Hingga olimpiade itu berakhir, berhasil mengumpulkan 35 emas, 82 perak dan 91 perunggu.

Untuk tingkat SMP, lanjut Yoseph, sebanyak 11 orang telah mampu mengumpulkan medali perunggu. Diantaranya, Adrian perwakilan dari SMP Kendari yang juga meraih medali perunggu tersebut. “Suatu kebanggaan untuk Indonesia khususnya SMP Frater dan masyarakat Sultra dan juga Kota kendari, Adrian cukup mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tidak hanya mengalahkan sebagian dari lawannya sesama dari Indonesia, tetapi juga mampu bersaing dengan perwakilan dari negara lainnya,” ulas pria ramah itu.

Ia pun menambahkan, tahun depan SMP Frater Kendari target mengutus perwakilan lebih banyak serta menargetkan untuk meraih medali emas. Pastinya, Adrian yang duduk di kelas VIII SMP itu, mulai melakukan persiapan untuk ikut dalam ajang Singapore and Asian School Math Olympiad (SASMO) di Singapura dan American Mathematics (Amerika). “Saya berharap, di Frater ini masih ada Adrian lainnya. Tidak hanya membawakan nama sekolah di nasional tetapi juga Indonesia di dunia,” tutupnya. (ima/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top