KAMMI Sultra Kecam Aksi Brutal Israel – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

KAMMI Sultra Kecam Aksi Brutal Israel

Aksi unjukrasa yang digelar KAMMI Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Situasi di kompleks Masjid Al-Aqsa semakin memburuk. Tindak kekerasan oleh pihak keamanan Israel dalam beberapa waktu terakhir tidak saja  telah mengakibatkan tiga korban meninggal dan lebih dari 100 korban luka-luka. Tapi juga telah meningkatkan ketegangan dan sangat membatasi kegiatan beribadah di Masjid Al-Aqsa.

Tindakan brutal Israel tersebut menuai protes dari berbagai kalangan, termasuk dari Sultra. Minggu (23/7/2017), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAAMI) Sultra menggelar unjuk rasa mengecam aksi tidak manusiawi yang dilakukan tentara Israel. Dalam tuntutannya, mereka mendesak DPRD Sultra menyampaikan kepada DPR RI, agar pemerintah Indonesia ikut bersikap.

“Kami berharap presiden Joko Widodo segera lakukan diplomasi dengan DK PBB untuk membahas masalah Al Aqsa ini. Kami juga minta masyarakat Sultra supaya turut mendoakan supaya kekerasan ini segera berakhir,” kata Yashar, Ketua PW KAMMI Sultra wewakili rekan-rekannya.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Indonesia mengutuk meninggalnya tiga orang pemuda Palestina. “Indonesia juga menegaskan pentingnya agar segera diambil langkah agar eskalasi kekerasan dan ketegangan dapat dihentikan,” katanya, kemarin (23/7).

Pria yang akrab disapa Tata itu juga mengatakan bahwa Indonesia sangat serius menanggapi situasi krisis di Kompleks Masjid Al-Aqsa itu. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi bahkan meminta bantuan kepada Amerika Serikat (AS) untuk bisa menghentikan ketegangan di sana.

“Penurunan eskalasi penting sekali dilakukan untuk mencegah situasi semakin memburuk,” kata Retno melalui keterangan resmi.
Retno juga meminta agar Amerika Serikat mendesak Israel menghentikan pembatasan beribadah dan tindakan kekerasan di Masjid Al-Aqsa. Menurut Tata, Retno menyampaikan permintaan Indonesia itu langsung kepada Menlu AS Rex Tillerson.

“Sabtu kemarin, Menlu RI melalukan pembicaraan per telepon dengan Menlu AS,” ungkapnya. Dalam pembicaraan itu, Tillerson menyampaikan kepada Retno kekhawatiran yang sama terhadap situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa. Tillerson menyampaikan bahwa dirinya telah lakukan pembicaraan dengan Yordania , Palestina, dan Israel.

Tillerson sepakat dengan Indonesia mengenai pentingnya mencegah meningkatnya eskalasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa. Dia juga menegaskan agar status quo terkait status kompleks Masjid Al-Aqsa juga penting untuk tetap dipelihara. Selain dengan Tillerson, Retno juga telah lakukan komunikasi intensif dengan Menlu Yordania, Palestina, Turki, dan Sekjen OKI agar situasi di Kompleks Al-Aqsa tidak memburuk dan kegiatan beribadah dapat segera dipulihkan.

“Intensitas diplomasi Indonesia juga ditingkatkan di beberapa perwakilan. Seperti di Baku, Amman, Washington DC, dan New York guna mengirim pesan yang kuat dan menyampaikan posisi Indonesia mengenai situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa,” jelas Tata. (wan/and/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top