BI Konsisten Jaga Stabilitas Makroekonomi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

BI Konsisten Jaga Stabilitas Makroekonomi

KENDARIPOS.CO.ID — Bank Indonesia (BI) konsisten menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian global dan domestik. Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang digelar pada tanggal 19-20 Juli memutuskan tetap mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 4,75 persen dengan suku bunga Deposit Facility tetap di angka 4,00 persen, sedangkan Lending Facility konstan 5,50 persen. Ini berlaku efektif sejak 21 Juli pekan lalu.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Arbonas Hutabarat menjelaskan, proses pemulihan ekonomi domestik terus berlanjut, namun tidak sekuat perkiraan semula. Terutama, akibat perlambatan konsumsi meski di sisi lain terdapat peningkatan investasi. Tekanan inflasi diperkirakan sedikit berkurang di bawah perkiraan semula akibat permintaan yang masih lemah dan terkendalinya harga pangan. Bank Indonesia tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global terutama normalisasi neraca bank sentral Amerika Serikat (AS) maupun domestik terutama konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih berlanjut. Untuk itu, BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta tetap memberi dukungan bagi pemulihan ekonomi lebih lanjut.

“Bank Indonesia juga terus mempererat koordinasi dengan pemerintah untuk mengendalikan inflasi agar tetap berada pada kisaran sasaran dan mendorong kelanjutan reformasi struktural sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan,” kata dia. Lanjut Arbonas, pertumbuhan ekonomi dunia terus membaik sesuai perkiraan dengan beberapa risiko yang tetap perlu dicermati. Di satu sisi, perekonomian AS diperkirakan tumbuh lebih rendah akibat investasi yang tertahan oleh terbatasnya dampak kebijakan fiskal dan menurunnya prospek harga minyak. Di sisi lain, perekonomian Tiongkok diperkirakan tumbuh lebih baik ditopang dengan konsumsi dan ekspor yang meningkat.

Di Eropa, pertumbuhan ekonomi juga diperkirakan lebih baik seiring dengan peningkatan aktivitas konsumsi, kinerja ekspor yang membaik dan meningkatnya optimisme perekonomian. “Perbaikan ekonomi global tersebut mendorong naik volume perdagangan dunia dan diharapkan berdampak positif terhadap ekspor Indonesia,” singkatnya. Demikian pula, harga komoditas global yang diperkirakan tetap tinggi meskipun harga minyak berpotensi bias ke bawah karena pasokan yang berlebih di tengah permintaan yang terbatas. Ke depan, sejumlah risiko pada perekonomian global tetap perlu diwaspadai, khususnya yang berasal dari AS antara lain rencana kenaikan Fed Fund Rate (FFR), pengurangan besaran neraca bank sentral dan ketidakpastian kebijakan fiskal.

Proses pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut pada triwulan 2 tahun 2017 meskipun tidak sekuat perkiraan semula. Pertumbuhan konsumsi berpotensi lebih rendah sebagai cerminan perlambatan pertumbuhan penjualan ritel. Kinerja ekspor tetap tumbuh meskipun lebih rendah dari perkiraan semula, terutama dipengaruhi oleh perlambatan pertumbuhan volume ekspor produk primer dan manufaktur. Sebaliknya, investasi tumbuh lebih baik terutama non bangunan ditopang investasi terkait sumber daya alam, di tengah investasi bangunan yang masih cukup baik terkait dengan proyek infrastruktur pemerintah dan sektor konstruksi swasta. Ke depan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan membaik ditopang oleh peningkatan kinerja ekspor dan investasi. Dengan perbaikan pada paruh kedua 2017, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan 2017 masih dalam kisaran 5,0 sapat 5,4 persen.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top