2.949 Pendaftar Gagal Ikut Tes, SMMPTN UHO Digelar Hari Ini – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

2.949 Pendaftar Gagal Ikut Tes, SMMPTN UHO Digelar Hari Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) di Universitas Halu Oleo (UHO) bakal digelar, hari ini Senin (24/7/2017). Catatan panitia seleksi, ada 2.949 pendaftar tidak bisa ikut tes karena data tidak valid serta tidak membayar biaya pendaftaran. Makanya, hanya 7.601 peserta yang bakal bersaing untuk memperebutkan 4.755 kursi. Ujiannya tetap seperti semula menggunkan sistem computer based test (CBT).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) UHO, La Ode Maulid menjelaskan, ujian CBT berlangsung selama dua hari. Dalam sehari terdiri dari lima sift atau bergantian. Mulai dari pukul 07.45 sampai 16.10 Wita. Jadwal tersebut telah tercantum dalam kartu tes masing-masing pendaftar ditambah lokasi ujian serta identitas diri.

“Dari keseluruhan jumlah pendaftar terdiri dari dua kelompok, yaitu 3.675 Saintek dan 3.975 kelompok Soshum. Sebenarnya, total pendaftar hingga pendaftaran ditutup mencapai 10.550 orang. Namun, sekira 2 ribu lebih tidak valid datanya serta tidak membayar biaya pendaftaran sehingga dianggap batal sebagai calon mahasiswa baru (maba),” kata Maulid, kepada Kendari Pos.

Menurutnya, dengan berkurangnya jumlah peserta tes, maka persaingan juga semakin kecil. Dalam hal ini, peserta akan berpeluang lolos di kampus hijau itu. Sebab, kuota yang disiapkan dijalur terakhir itu cukup besar yaitu 4.755 daya tampung yang tersebar di 17 fakultas. “Jangan khawatir, semua fakultas dan prodi masih tersedia kursi. Maka dari itu, tinggal berusaha bagaimana menjawab dengan benar agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi serta memenuhi passing grade atau standar yang ditentukan oleh masing-masing program studi,” jelasnya.

Lanjutnya, lokasi tes ditempatkan di 15 titik. Selain bertempat di UHO juga menggunakan beberapa sekolah di Kota Kendari. Misalnya, SMAN 1 Kendari, SMAN 9 Kendari, SMKN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari dan SMKN 4 Kendari. Ditambah dengan lokasi utama yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, UPT TIK, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran. “Lokasi tersebut sudah diumumkan melalui website resmi UHO. Juga terdapat dalam kartu tes mereka,” bebernya.

Masih dijelaskan Maulid, ada beberapa tata tertib peserta tes yaitu peserta harus hadir di lokasi ujian 30 menit sebelun tes dimulai. Kemudian dilarang membawa alat komunikasi elektronik serta selain kartu tes tidak boleh ada benda lain yang dibawa di ruang ujian. “Peserta masih diberi toleransi keterlambatan hanya 20 menit setelah ujian dimulai. Setiap peserta akan dilakukan pemeriksaan sebelum memasuki rungan tes. Ujian dimulai ketika sudah ada instruksi dari panitia,” urainya.

Ia menambahkan, agar peserta tidak kesulitan dalam memulai tes, maka tetap mengikuti panduan peserta yang diberikan oleh panitia SMMPTN. Pertama, setiap peserta melakukan login pada aplikasi CBT menggunakan username atau nomor tes. Kemudian memasukan password ujian yang diberikan oleh teknisi lalu kemudia mengecek mata ujian dan identitas yang tampil pada layar minitor.

“Setiap mata pelajaran sudah diberi waktu selama 75 menit. Soal berupa pilihan ganda tinggal memilih lalu mengklik jawaban yang dianggap benar. Jika ingin mengganti jawaban bisa melakukan hal yang sama tinggal mengklik saja. Pengawas ruangan standby atau siap selama ujian berlangsung. Kalau ada gangguan pada komputer panggil saja pengawas ujian. Aplikasi CBT akan berhenti secara otomatis ketika waktu berakhir. Jadi tetap konsen dan perhatikan waktu yang akan terus berjalan selama 75 menit setiap soal,” imbuhnya. (b/ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top