Suka Minta Pindah, BKN Usul Guru dan Bidan Tak Perlu PNS – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Suka Minta Pindah, BKN Usul Guru dan Bidan Tak Perlu PNS

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian Negara (BKN) kerap dibuat repot dengan usulan pindah kerja PNS. Apalagi pindah kerja atau mutasi itu dari daerah terpencil menuju perkotaan. Akibatnya pemerataan aparatur negara di daerah tidak terjadi.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, yang paling krusial adalah formasi guru dan bidan. Dia mengatakan banyak permohonan dari guru PNS yang mengajar di daerah terpencil, minta dipindah ke perkotaan. “Akibatnya pembangunan dan pemerataan pendidikan tidak jalan,” jelasnya di Jakarta.

Untuk itu Bima mengusulkan supaya formasi guru dan bidan, khususnya di daerah terpencil, dibuka dengan skema pegawai kontrak. Dengan hak-hak kesejahteraan sama persis seperti PNS. Mulai dari gaji dan aneka tunjangan lainnya.

Bahkan terkait pensiun, tenaga kontrak pemerintah juga bisa mendapatkannya. Dengan catatan siap membayar iuran dana pensiun dengan gaji yang diterima. Bima menjelaskan dengan ikatan kontrak itu, guru akan berada di daerah khusus secara permanen. Jika kontraknya habis, bisa diperpanjang dengan syarat tetap di sekolah yang sama. Sebaliknya jika ngotot mau pindah, otomatis kontrak berakhir. Dengan skema ini, negara tidak tekor uang untuk menggaji PNS. Khususnya PNS yang menjadikan daerah khusus sebagai batu loncatan.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata mengaku usulan BKN itu bisa saja dibahas. Namun dia mengingatkan, meskipun berstatus pegawai kontrak pemerintah, gajinya dari kas pemda. “Masalahnya pemda punya uang atau tidak untuk menggajinya,” jelas Pranata.

Dia berharap PNS guru yang ditempatkan ke daerah khusus melalui program Guru Garis Depan (GGD) bisa betah. Tidak lantas meminta pindah tugas setelah lima tahun mengabdi. Idealnya menurut Pranata, sampai pensiun mereka tetap berada di daerah khusus. (Wan)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top