STIE 66 Kendari Gelar Sosialisasi Sistem Akreditasi Online – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

STIE 66 Kendari Gelar Sosialisasi Sistem Akreditasi Online

Sulis/KP
Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr.Hawignyo (tengah) saat membuka Sapto di STIE 66 didampingi Ketua STIE 66, Dr.Bachtiar Abbas SE,M.Si, dan tiga pemateri SAPTO dari BAN-PT.

KENDARIPOS.CO.ID — Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi sudah memberlakukan akreditas untuk perguruan tinggi swasta (PTS) secara online. Program ini sudah berlaku sejak April 2017. Hanya saja sistem online tersebut belum maksimal.

Untuk itu, Kopertis Wilayah IX Sulawesi bersama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam (STIE 66) melakukan sosialisasi kebijakan dan pelatihan sistem akreditasi perguruan tinggi online (Sapto), Kamis (20/7). Sosialisasi itu diikuti oleh perwakilan dari 39 PTS yang ada di Sultra dan dihadiri tiga pemateri dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ketua STIE 66, Dr. Bachtiar menuturkan apabila sistem akreditasi secara online dapat berjalan maksimal, maka semakin mempermudah PTS. “Sistem ini memang sudah berjalan, namun kami masih khawatir. Namun karena Kopertis IX gencar melakukan sosialisasi program ini, saya rasa perguruan tinggi akan lebih paham. Rupanya, akreditasi lewat sistem ini memang lebih mudah dan efisien,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr.Hawignyo, mengatakan Sapto ini untuk memudahkan PTS yang berada di daerah. Tidak perlu lagi melakukan pengiriman borang di BAN-PT. Cukup dilakukan secara online saja. “Ini lebih mudah dan efisien, sebab setiap PT bisa melakukan akreditasi secara online. Tidak harus datang di Jakarta dengan membawa dokumen borang,” terangnya usai membuka sosialisasi tersebut.

Menurutnya, selain efisien pengajuan, akreditas secara online juga lebih hemat. Sebab, tanpa menggunakan transportasi ke pusat. Prosesnya juga tidak susah, masing-masing PTS akan diberikan akun agar bisa mengakses situs akreditasi. Setelah semua di upload, BAN-PT langsung melakukan cross check atau visitasi ke lapangan sesuai data yang telah di upload.

Hawignyo menambahkan Sapto dilakukan secara nasional. Untuk wilayah Kopertis IX membawahi enam provinsi yaitu Sulsel, Sultra, Sulut, Sulteng, Gorontalo dan Sulbar. “Kami berharap program akreditasi secara online akan lebih mudah dipahami oleh PTS,” harapnya. (ikl)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top