Pemkab Buton Selatan Klaim Serapan Anggaran Membaik – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Selatan

Pemkab Buton Selatan Klaim Serapan Anggaran Membaik

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) mengklaim realisasi keuangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 semakin membaik. Jika dibanding tahun sebelumnya, serapan anggaran mengalami peningkatan signifikan. Penilaian tersebut dilontarkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekab) Busel, Kostantinus Bukide.

“Alhamdulilah tahun ini realisasi keuangan kita cukup bagus. Dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sultra, Busel menempati urutan keempat untuk peringkat penggunaan anggaran. Sementara realisasi capaian pembangunan fisik kita menduduki posisi ketiga. Itu sesuai hasil rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan di Kota Kendari awal pekan lalu yang dipimpin langsung Plt Gubernur Sultra, Moch. Saleh Lasata,” kata Kostantinus Bukide, Jumat (21/7).

Hasil tersebut menjadikan Busel sebagai daerah otonomi baru yang cukup baik dalam merealisasikan program keuangan. “Meski masih baru sebagai daerah mandiri, tetapi Busel berhasil menempati atau masuk di posisi atas. Itu karena kita mampu mewujudkan realisasi penggunaan anggaran dan beberapa pembangunan fisik yang ada,” ungkapnya.

Untuk saat ini, realisasi keuangan APBD Busel sudah 42 persen. Berdasarkan laporan, capaian itu melebihi angka rata-rata nasional yang hanya mencatat kisaran 27 persen. “Semua itu berkat kerja keras dan disiplin yang diterapkan Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat. Dengan memberlakukan rapat evaluasi pada satuan kerja perangkat daerah setiap bulan, capaian penggunaan anggaran masing-masing instansi dapat diketahui dan dipacu,” terangnya.

Dengan demikian, pengurangan dana alokasi khusus (DAK) akibat kurangnya serapan anggaran tidak akan dialami Busel. “Kalau daerah lain terancam pemotongan DAK, Busel tidak akan mengalaminya. Karena kita sudah berjalan sesuai korider yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan,” pungkas Konstantinus. (c/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top