Jika Disetujui Pusat, Rp 272 Miliar Bakal Mengalir ke Jembatan Teluk – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Jika Disetujui Pusat, Rp 272 Miliar Bakal Mengalir ke Jembatan Teluk

Maket Jembatan Bahteramas Teluk Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan masyarakat Sultra untuk segera melihat wujud fisik jembatan Teluk Kendari tak lama lagi terealisasi. Sebab, arus dana dari APBN terus mengalir setiap tahun. Jika tahun 2015, dana yang dialokasikan untuk memulai pekerjaan jembatan sepanjang 1,3 kilometer itu sebesar Rp 125 miliar. Tahun 2016 juga turun anggaran tambahan sebesar Rp 80 miliar, lalu tahun 2017 masuk lagi Rp 150 miliar. Belum akan terhenti disitu, tahun 2018, jembatan yang digagas Nur Alam dan Saleh Lasata itu juga akan keciprat dana lagi dari pusat. Diprediksi jumlahnya akan mencapai Rp 272 miliar.

Angka itu disebutkan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan. “Kalau disetujui, Insya Allah Rp 272 miliar,” ujar Rundubeli, Jumat (21/7). Menurutnya, proyek jembatan itu sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat akan mengandalkan dana dari APBN murni. Sehingga masyarakat tidak perlu risau jembatan itu tak tuntas. “Ini sudah masuk dalam proyek prioritas. Sampai selesai, kan sudah ada kontraknya,” ungkapnya.

Dalam pertemuan pemerintah daerah se-Indonesia Timur bebeberapa waktu lalu, tambahan anggaran itu sudah dibahas. Namun persetujuannya tetap menunggu hasil kajian bersama antara Bappenas dan DPR RI nantinya. Kata dia, saat ini rekanan masih fokus menuntaskan fondasi jembatan. Awal 2018 bisa masuk pada panel jembatan. Dan jika tak ada aral melintang 2019 proyek spektakuler itu sudah bisa dinikmati masyarakat. “Tahun 2019 nanti itu dananya juga sudah dihitung bersama sebesar Rp 173 miliar,” tandasnya.

Untuk diketahui jembatan yang sebelumnya populer dengan sebutan Jembatan Bahteramas itu telah ditandatangani kontraknya sejak 2015 lalu. PT. Pembangunan Perumahan dan PT. Nindya Karya memenangkan tender sebesar Rp 700 miliar lebih itu. Dalam 1.095 hari kalender ditargetkan mega proyek jembatan terpanjang se-Indonesia Timur itu bakal tuntas. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top