Asrun Tunjuk Nur Rasak Pimpin Dinas Lingkungan Hidup – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Asrun Tunjuk Nur Rasak Pimpin Dinas Lingkungan Hidup

Alamsyah Lotunani

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari masih berduka setelah wafatnya Tin Farida, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. Masyarakat mengenangnya sebagai pahlawan adipura bagi Kota Lulo ini. Kendati pun tengah berkabung, namun Pemkot menyadari bahwa pelayanan di dinas yang telah meraih piala Adipura sejak 2008 lalu itu, harus tetap berjalan.

Untuk itu, mengisi kekosongan pimpinan dinas, Wali Kota Kendari, Asrun menunjuk Nur Rasak, Sekretaris DLHK sebagai pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari. Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Alamsyah Lotunani membenarkan penunjukan Nur Rasak tersebut. Penunjukan sebagai pelaksana tugas memang harus ditempuh sebab untuk mencari kepala dinas harus melewati beberapa proses administrasi sesuai aturan yang ada.
“Itu sudah tanggung jawab sekretaris untuk mengantikan peran kepala dinasnya bila pimpinan tidak ada. Jadi untuk sementara kewenangan kepala dinas secara otomatis diambil alih sekretaris. Salah satunya kewenangan keuangan,” ujar Alamsyah Lotunani.

Ketua KONI Kota Kendari itu menjelaskan proses pergantian kepala dinas LHK akan segera dilakukan setelah Wali Kota Asrun yang sedang melaksanakan tugas ke luar daerah. “Soal siapa Plt atau kepala dinasnya tergantung wali kota, karena beliau yang punya wewenang untuk itu. Setelah penunjukan akan dilakukan pelantikan.Banyak yang bisa memimpin dinas LHK ini,” tambah Alamsyah Lotunani.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Zainal Arifin mengatakan Nur Rasak akan melaksanakan tugas-tugas administrasi dan tugas kedinasan lainnya. “(Nur Rasak) ditunjuk oleh wali kota sebelum saya ke Malang. Dia melaksanakan pelayanan di DLHK,” ujar Zainal Arifin saat dihubungi.

Soal apakah Nur Rasak akan otomatis didefinitifkan sebagai Kepala DLHK Kota Kendari, Zainal Arifin belum bisa memastikan. Mantan Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari itu menegaskan berkaitan dengan pengangkatan kepala dinas memiliki regulasi tertentu. “Sepulang dari Malang, kami akan rapatkan. Tentu kami akan konsultasikan kepada wali kota,” pungkasnya. (kmr/m1/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top