Berkas Tiga Warga Sulsel Pemeras Kades di Konut Dilimpahkan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Berkas Tiga Warga Sulsel Pemeras Kades di Konut Dilimpahkan

Tiga warga Sulsel yang diringkus Polsek Asera. Foto : Dok/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga warga Sulsel yang menjadi diduga melakukan kasus pemerasan terhadap kepala desa (Kades) di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Unahaa untuk selanjutnya bersiapa diajukan ke Pengadilan Negeri Unaaha. Berkas perkara yang ditangani oleh penyidik Polsek Asera telah dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejari Unaaha.

“Berkas perkaranya dilimpahkan di Kejari. Jadi kewenangan kita sebagai penyidik sudah selesai sejak berkas perkaranya dinyatakan lengkap atau P21,”ujar Kompol Muhammad Basir, Kapolsek Asera, kepada Kendari Pos, Kamis (20/7).

Pelimpahan berkas perkara para terduga pemerasan dirangkaikan dengan pelimpahan barang bukti dam tersangka. “Semuanya sudah dilimpahkan baik tersangka maupun barang buktinya. Dalam kasus ini sekitar 10 saksi yang telah diperiksa dan telah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan yang tertuang dalam berkas penyidikan,”ujar pengganti Kompol Seni Pabesak itu.

Sekadar mengingatkan Firdaus, Nazaruddin dan Syamsuddin asal Sulsel diduga memeras kades di Konut Mei lalu. Ketiga pelaku dalam menjalankan aksinya mengaku sebagai wartawan dan anggota polisi. Dalam menjalankan aksinya, mereka mempertanyakan soal anggaran dana desa (DD) yang bersumber dari APBN. “Penangkapan pelaku atas laporan Plt Kepala Desa Wawolimbu Arsyad dan Kepala Desa Longeo, Masriani yang juga menjadi korban pemerasan. Mereka kita tangkap usai melancarkan aksinya,”ujar Kompol Muhammad Basir.

Dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa kartu identitas wartawan dan atribut Polri yang digunakan para pelaku. “Para pelaku dikenakan pasal 368 dan 369 KUHP juncto 55 dengan ancaman pidana 9 tahun,” tutupnya. (min/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top