Sowan ke Plt Gubernur, KPU Paparkan Persiapan Pilgub Sultra 2018 – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Sowan ke Plt Gubernur, KPU Paparkan Persiapan Pilgub Sultra 2018

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah memberikan cinderamata kepada Wagub Sultra, Saleh Lasata di kantor Gubernur Sultra. Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra bertandang ke ruang kerja Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata, di kantor Gubernur Sultra, Rabu (19/7). Kunjungan tersebut dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan Pilgub Sultra periode 2018-2023 mendatang. Termasuk, Pilbup Kolaka, Konawe dan Piwali Baubau.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan, kunjungan tersebut sebagai wujud silaturahim dirinya bersama jajarannya, KPU Sultra. Pemerintah Provinsi Sultra adalah pihak yang memfasilitasi, mulai pendanaan kegiatan termasuk dukungan sarana prasarana dan kelancaran pelaksanaan Pilgub Sultra 2018 sebagaimana ditugaskan dalam ketentuan UU No.8/2015 diubah terakhir dengan UU No.10/2016 tentang Pilkada.

Dijelaskannya, pasca penandatanganan NPHD antara Gubernur Sultra Nur Alam dan dirinya pada tanggal 22 Juni 2017 lalu, nomor NPHD tersebut telah diregistrasi Kementerian Keuangan sebesar Rp 258 Miliar yang bersumber dari dana hibah APBD Sultra T.A 2017 dan T.A 2018 dengan mekanisme pertanggungjawaban APBN sesuai dengan Permendagri nomor 44 Tahun 2015 sebagimana diubah terakhir dengan Permendagri nomor 51 Tahun 2015 tentang pengelolaan dana kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

“Selain itu, kami (KPU) telah menetapkan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sultra tahun 2018 dengan keputusan nomor 24/PP.02.3-kpt/74/Prov/VII/2017 serta penetapan hari dan tanggal pemungutan suara Pilgub Sultra pada 27 Juni 2018 serentak secara nasional,” jelasnya usai bersilaturahim dengan Plt Gubernur, di kantor gubernur, kemarin (19/7).

Kemudian, dia juga memaparkan terkait adanya pemekaran wilayah kecamatan, desa/kelurahan yang dapat mempengaruhi kebijakan pembentukan personil badan ad hock yang berkonsekuensi dengan penganggaran. Karena pembentukan badan ad hock Pilgub Sultra (PPK dan PPS) sesuai tahapan akan dimulai pada tgl 12 Oktober 2017. Dasar peraturan bupati atau wali kota tidak dapat diakomodir pembentukan ad hock nya. Olehnya, diperlukan sinergitas KPU Provinsi Sultra bersama Pemerintah Provinsi Sultra terkait data kependudukan dan data pemilih agar proses pemutakhiran data pada tingkatan penyelenggara dibawah bisa valid dan akurat.

“Kami sampaikan juga bahwa launching tahapan penyelenggaraan Pilgub Sultra akan dilaksanakan pada Bulan Agustus 2018 dengan menghadirkan Pimpinan KPU RI. Jadwal dan waktu akan disesuaikan setelah perayaan kemerdekaan RI 17 Agustus 2017,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Guberur Sultra, Saleh Lasata mengapresiasi semangat KPU Sultra sebagai penyelenggara. Ia juga berharap KPU bekerja dengan baik. Pasalnya, kesuksesan Pilgub ada ditangan penyelenggara, yakni KPU dan juga Bawaslu. Sehingga, kerja-kerja profesional sangat diharapkan untuk berjalannya dengan sukses Pilgub termasuk tiga daerah pilkada lainnya. “Saya kira KPU Sultra akan bekerja dengan baik selaku penyelenggara. Kami akan mendukung semua program termasuk pendanaan dan sudah NPHD. Kiranya Pilgub bisa berjalan dengan sukses dan demokratis,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Sultra juga harus berpartisipasi aktif dalam Pilgub termasuk tiga daerah lainnya. Hal itu semata-mata untuk menyukseskan Pilgub dan Demokrasi. “Masyarakat juga harus aktif (mengikuti Pilgub dan Pilkada),” harapnya.

Usai sowan ke Plt gubernur Sultra, KPU Sultra pun lanjut ke Korem 143/HO. Dalam kesempatan itu, KPU Sultra berharap dukungan TNI untuk pengamanan. Sehari sebelumnya juga bertandang ke Polda Sultra, dengan harapan sinerginatas antara KPU dan aparat keamanan Polri dan TNI bisa bersatu, terutama dalam Pelaksanaan Pilgub dan Pilkada. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top