SMPN 15 Kendari Jadi Nominator Sekolah Sehat Nasional – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

SMPN 15 Kendari Jadi Nominator Sekolah Sehat Nasional

Dra. Sartini Sarita,
Plt. Dikmudora Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Perlahan, SMPN 15 Kendari mulai menunjukan eksistensinya sebagai sekolah yang juga punya prestasi tak kalah hebat dari sekolah lain di kota ini. Teranyar, sekolah yang dipimpin Hj Saeminah ini sukses menjadi salah satu nominator Sekolah Sehat (LLS) Nasional 2017. Hebatnya, sekolah ini menjadi satu-satunya perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) di tingkat nasional.

Plt Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Dra. Sartini Sarita, turut mendampingi tim varifikasi LLS tingkat nasional di sekolah tersebut. Dia sangat mengapresiasi atas masuknya SMPN 15 Kendari di level nasional. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Kendari. Bagaimana tidak, ratusan sekolah yang ada di Sultra ini, sekolah kita yang jadi delegasi. Tapi sekolah ini memang pantas, karena mampu menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, bersih, nyaman dan hijau,” ungkap Sartini, Rabu(19/7).

Dia pun menegaskan bahwa hampir semua sekolah di Kota Lulo ini sudah beradiwiyata. Dalam hal ini, pihaknya juga mendorong seluruh satuan pendidikan untuk mewujudkan program pemerintah kota yaitu smart and green city. “Jadi kami dari pihak dinas sangat mendukung, baik dalam bentuk moril maupun materil,” jelasnya.

Sementara itu, Wa Ode Andriani, M.Si., tim pembina LLS provinsi Sultra menjelaskan, untuk sampai dinominasi nasional, SMPN 15 Kendari telah melewati beberapa tahapan. Mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, provinsi lalu merujuk ke tingkat nasional. Kebetulan, di Kota Kendari ada beberapa yang diusul dari tingkat TK sampai SMA, namun yang terpilih untuk masuk nominasi hanya SMPN 15 Kendari.

“Ini baru nominasi, jadi kedatangan tim assessor pusat untuk melakukan verifikasi penilaian LLS tingkat nasional. Pembinaan kami terus lakukan yang memang bukan karena lomba saja. Akan tetapi kita sudah punya jalinan komunikasi yang bagus dan membina bagaimana menerapkan UKS dengan tiga trias. Mulai dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat itu sendiri,” paparnya.

Dia berharap SMPN 15 Kendari bisa masuk di ajang nasional tahun ini. Sebelumnya, Sultra pernah mendapat juara satu nasional dari Madarsah Aliyah Baubau. “Semoga kali ini juga kembali mengharumkan nama daerah di ajang nasional. Insya Allah akan diumumkan sebelum 17 Agustus mendatang,” harapnya.

Kepala SMPN 15 Kendari, Hj. Saeminah, M.Pd., menambahkan, SMPN 15 Kendari menargetkan juara di tingkat nasional. Oleh karena  itu, segala kiat untuk membenahi sekolahnya senantiasa dilakukan. Tentunya dengan melibatkan seluruh warga sekolahnya. “Kami tetap membenahi dan memperbaiki lingkunagn sekolah. Kami juga membangun kerja sama yang baik dengan guru dan masyarakat, dalam hal ini orang tua siswa,” tambah Saeminah.

Selain itu, tutur dia, dalam mengikuti LLS sampai masuk nominasi nasional juga merupakan binaan dari beberapa pihak yang terkait. Mulai dari masyarakat sekolah, Dikmudora Kota Kendari, puskesmas dan pembina dari provinsi. Ia berharap sekolahnya itu bisa menjadi juara satu tingkat nasional. “Secara nasional ada 25 sekolah dari 25 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk Sultra,” tutupnya. (b/ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top