Seleksi CPNS Hanya untuk Daerah Baru – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Seleksi CPNS Hanya untuk Daerah Baru

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) didua Mahakamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali menyiapkan formulasi rekruitmen CPNS didaerah. Kini, formulasi penerimaan, baik dari alasan maupun jumlah kuota yang akan dibuka nantinya masih dalam tahap pembahasan.

Meski begitu, pihak Kementerian PANRB menyatakan tidak semua daerah nantinya akan mendapatkan porsi tersebut. “Hanya Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diprioritaskan, seperti di Kalimantan. Kalau di Sultra, silahkan hitung berapa yang masuk kategori DOB, itu nanti yang akan diberi kuota karena memang dianggap butuh,” kata Kabag Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Swardi, kemarin (19/7) saat ditemui diruang kerjanya, kantor Kementerian PANRB.

Soal waktu rekrutmen, ia belum bisa menyebutkan. Satu hal yang pasti, pemerintah pasti akan membuka rekruitmen CPNS di daerah nantinya. Swardi juga menjelaskan bahwa saat ini pemerintah masih melakukan kajian terhadap keputusan penerimaan CPNS di daerah. “Sekarang pemerintah sedang membahasnya. Bagaimana mekanisme dan seperti apa pertimbangannya, itu semua faktor sedang dibahas oleh pemerintah,” ujarnya.

Ditanyakan soal usulan penerimaan PNS dari Sultra, Swardi mengaku tidak bisa membukanya ke publik. Hal itu hanya daerah yang berhak mengumumkan berapa mereka usulkan. “Kalau kita buka, jumlah usulan mereka belum tentu itu yang akan disepakati untuk direkrut,” tuturnya.

Selain itu, alasan tidak membuka adalah nantinya tidak semua daerah akan mendapatkan porsi untuk membuka penerimaan CPNS. “Prinsip utama, pasti pemerintah pusat akan melihat postur anggaran belanja pegawainya. Kalau memang sudah melebihi batas maka pemerintah tidak akan memberikan izin untuk membuka pendaftaran CPNS,” katanya.

Namun, ada beberapa daerah juga nantinya yang akan mendapatkan skala prioritas dalam penerimaan CPNS nantinya, salah satunya adalah DOB. Bila memang di Sultra ada yang masuk kategori DOB, peluangnya untuk mendapatkan prioritas dalam penerimaan CPNS kedepan sangat terbuka.

Masih kata Swardi, formasi yang akan dibuka pada pendaftaran CPNS di daerah nanti masih tetap memprioritaskan kepada sektor yang mendukung keberhasilan program nawa cita. “Antara lain, masih tenaga kesehatan, dokter, tenaga pendidik dan tenaga infrastruktur yang menjadi prioritas rekruimen CPNS didaerah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemerintah melalui KemenPAN-RB telah resmi membuka pendaftaran CPNS didua instansi yakni Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM. Formasi untuk kedua institusi tersebut sebanyak 19.210 orang terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahakamah Agung dan 17.962 CPNS di Kementerian Hukum dan HAM. (yog)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top