Realisasi Investasi Kawasan Indonesia Timur Meningkat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Realisasi Investasi Kawasan Indonesia Timur Meningkat

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Investor yang berencana menanam modal di Kawasan Timur Indonesia (KTI) mendapat angin segar.

Pasalnya, pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut kian masif.

Kawasan itu ditargetkan meraup investasi Rp 220 triliun pada tahun ini.

Sebelumnya, realisasi investasi di KTI sepanjang 2016 mencapai Rp 119,3 triliun.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kawasan Timur Indonesia Andi Rukman Karumpa menyatakan, pembangunan infrastruktur berdampak positif terhadap laju industri skala besar, menengah, dan kecil.

’’Industri manufaktur skala besar masih menunggu terobosan. Namun, prospek industri manufaktur skala menengah dan kecil sangat besar,’’ tuturnya setelah pembukaan Pameran Manufacturing Surabaya 2017 di Surabaya, Rabu (19/7).

Sepanjang 2016–2017, pemerintah pusat membangun infrastruktur yang cukup masif di KTI.

Antara lain, pengembangan jalan trans-Papua, pembukaan lahan sawah baru di Sulawesi dan Kalimantan, jaringan rel kereta api Sulawesi, serta sejumlah pembangkit listrik dan bandara di Papua dan Sulawesi.

’’Jika kita ingin tumbuh 5–6 persen, butuh tambahan suplai listrik 5.000–6.000 mw. Saat ini, kita baru sanggup di angka 3.000 mw per tahun,’’ urai Andi.

Selain industri manufaktur kecil dan menengah, KTI berpeluang mendapatkan tambahan investasi dari sektor manufaktur besar yang ingin memanfaatkan pasokan gas di Masela di Maluku serta Bintuni di Papua Barat.

Realisasi investasi di luar Jawa pada kuartal pertama 2017 tercatat meningkat menjadi 45,4 persen dari total investasi nasional. Jumlahnya mencapai Rp 48,7 triliun.

Project Director Pameran Manufacturing Surabaya 2017 Maysia Stephanie mengakui, sektor konstruksi masih menjadi andalan investasi di KTI.

Sebab, sektor konstruksi berkaitan dengan proyek-proyek infrastruktur pemerintah. (vir/c22/noe)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top