Pemilihan Ulang AKD di DPRD Bombana, Dua Fraksi tak Dapat Peran – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Pemilihan Ulang AKD di DPRD Bombana, Dua Fraksi tak Dapat Peran

KENDARIPOS.CO.ID — Keberuntungan tak berpihak pada Fraksi Golkar Bersatu (FGB) dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) di DPRD Bombana. Dalam kocok ulang jabatan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), kedua fraksi yang sama-sama menempatkan anggotanya sebagai unsur pimpinan DPRD, justru tak mampu membuat satupun kadernya sebagai ketua AKD.

Anggota DPRD Bombana, Aflan Zulfadli mengatakan, rotasi pimpinan dilakukan karena masa jabatan sebelumnya sudah berakhir. Sesuai tata tertib dewan, lama jabatan pimpinan alat kelengkapan dewan disepakati 2,5 tahun. Itu berarti dalam satu periode atau lima tahun di DPRD, dilakukan dua kali dilakukan pemilihan. “AKD yang terbentuk 2014 lalu sudah 2,5 tahun bertugas. Berdasarkan Tatib, maka sudah saatnya melakukan rotasi pimpinan alat kelengkapan dewan, baik ketua, wakil ketua maupun sekretaris,” katanya, kemarin.

Namun sayang, rotasi AKD tahap kedua ini, FGB yang merupakan gabungan Golkar, PBB serta PKS tak mampu menempatkan anggotanya, baik sebagai ketua komisi, ketua badan legislasi maupun ketua badan kehormatan. Kondisi tersebut juga dialami Fraksi PPP. Kini, komposisi pimpinan alat kelengkapan dewan justru didominasi Fraksi Partai Amanat Nasional Bersatu dan koalisinya serta Fraksi Perjuangan Restorasi Nurani (Peran).

Untuk komisi misalnya, Fraksi PAN Bersatu (PAN, Gerindra, Demokrat) menempatkan dua kader sebagai ketua. Komisi II dipimpin Abdul Rauf serta Ketua Komisi III, Juntas. Tidak hanya itu, PAN juga menempatkan satu kadernya lagi sebagai Ketua Baleg. Alat Kelengkapan Dewan lainnya yakni Ketua Badan Kehormatan juga diambil Fraksi PAN Bersatu. Posisi ini dipercayakan kepada Andi Wawan Idris dari Partai Gerindra. Sementara Ketua Komisi I diberikan pada Hasrat dari Fraksi Peran, gabungan Nasdem, PDIP dan Hanura.

Menurut Aflan Zulfadli, Fraksi Partai Golkar Bersatu hanya menempatkan dua anggota di posisi sekretaris serta satu wakil ketua. Mereka adalah Ahmad Yani, sebagai Sekretaris Komisi II dan H. Rasyid, Sekretaris komisi III serta Sudirman Wakil Ketua BK. “AKD didominasi Fraksi PAN karena kekuatan politik di DPRD Bombana sudah terpolarisasi pasca perhelatan Pilkada lalu. Kondisi seperti ini berbeda saat pertama kali kami membentuk AKD atau diawal menjadi anggota DPRD. Tapi semua harus diterima karena ini merupakan bagian dari berdemokrasi,” ungkap Aflan Zulfadli. (c/nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top