IAIN Kendari Dukung Program Desa Mandiri Kementerian Sosial – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

IAIN Kendari Dukung Program Desa Mandiri Kementerian Sosial

DOK/kendari pos
Rektor IAIN Kendari, Dr Nur Alim berkomitmen mendukung program Kemensos tentang membangun Desa Mandiri Sejahtera. Program ini dianggap sinergi dengan agenda pengabdian masyarakat. Nampak, Nur Alim mendampingi Mensos, Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung di IAIN Kendari belum lama ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari siap mendukung program Desa Mandiri Sejahtera yang dicanangkan Kementerian Sosial (Kemensos). Perguruan tinggi yang dinahkodai Dr Nur Alim ini bakal menurunkan mahasiswanya ke desa-desa, membantu masyarakat. Teknisnya, bisa melalui program pengabdian kepada masyarakat.

Komitmen dukungan terhadap program Kemensos disampaikan Rektor IAIN Kendari, Dr Nur Alim. Menurut dia, program tersebut sinergi dengan program kampus berupa pengabdian kepada masyarakat. Rencana itu akan segera terealisasi, karena Mensos Khofifah Indar Parawansa sudah menyampaikan untuk bekerjasama.

“Mensos sudah sampaikan untuk menggandeng IAIN Kendari dalam menyukseskan program Desa Mandiri Sejahtera. Kami menyambut baik rencana itu,” ungkap Nur Alim, kemarin.

Kerjasama tersebut akan di awali dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir Agustus atau awal September mendatang. Sebelumnya, rencana kerjasama dengan IAIN Kendari itu telah diungkapkan Mensos saat membawakan kuliah umum di IAIN Kendari, awal April lalu.

Nur Alim menambahkan, kerjasama itu dapat disinergikan dengan berbagai program pengabdian masyarakat. “Program ini sangat baik dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunan terutama bagi desa-desa yang belum terjangkau layanan publik. Untuk itu, kami sangat merespon dan akan mempercepat realisasi program ini. Kami tinggal menunggu penandatanganan MoU saja” katanya.

Bahkan dia menegaskan, peningkatan kualitas masyarakat pedesaan menjadi salah satu target IAIN Kendari. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan pembangunan masyarakat pedesaan di Bumi Anoa ini. Sebelumnya, kampus tersebut juga telah bekerjasama dengan pemerintah Konawe Utara (Konut) untuk program pendampingan masyarakat desa. Antara lain untuk pembinaan Baca Tulias Al Qur’an (BTQ), pembinaan bahasa asing serta pembinaan soft skill lainnya demi terwujudnya masyarakat yang cerdas dan bermartabat.

Selain itu, di kabupaten Kolaka Timur (Koltim) juga sudah ada kerjasama.
“Pemerintah Koltim mulai tahun ini, menyediakan beasiswa penuh bagi generasi muda di setiap desa yang berprestasi dan tidak mampu untuk melanjutkan studi di IAIN Kendari. Usai menyelesaikan studi, mereka diharapkan menjadi pelopor kemajuan pembangunan masyarakat di desanya,” imbuhnya. (b/ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top