Ekonomi di Muna Barat Meningkat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Muna Barat

Ekonomi di Muna Barat Meningkat

Amiruddin, Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setkab Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Beroperasinya Bandara Sugimanuru Laworo di Muna Barat dan didarati dua maskapai penerbangan Wings Air serta Garuda, melahirkan optimisme tinggi. Diyakini, pertumbuhan ekononi di daerah pemekaran tersebut akan semakin meningkat. Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setkab Mubar, Amiruddin mengaku, dengan terbukanya jalur transportasi udara itu, akan sangat membantu dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Contohnya, setiap orang yang akan berangkat ke luar daerah dengan pesawat, sebelumnya harus ke Kendari. Dana untuk sewa kapal dan kendaraan sampai ke Bandara Halu Oleo bisa menghabiskan sekitar Rp 500 ribu. Coba kita hitung. Kalau Garuda dengan jumlah 70 kursi dikali tiga penerbangan selama seminggu yakni Senin, Rabu dan Jumat serta dikalikan Rp 500 ribu. Itu cukup besar. Bila dikalikan setahun, bisa mencapai Rp 5 miliar. Bayangkan berapa efisiensi dana dari masyarakat maupun pemerintah,” rincinya.

Demikian juga ia menghitung dengan jumlah kursi Wings Air yang sama dengan Garuda namun jadwal penerbangan berbeda. “Inilah yang menjadi tolak ukur buat analisis  kami bahwa pertumbuhan ekonomi di Muna Barat dipredikasi cepat. Karena dana yang tersimpan apabila lewat Bandara Sugimanuru Laworo itu bisa puluhan miliar setiap tahun. Belum lagi yang dihasilkan dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan sumber daya alam lainnya,” ulasnya.

Amiruddin meyakini, semakin banyak orang bergerak dalam suatu wilayah, maka semakin tumbuh perekonomian dalam daerah itu. “Apalagi ini semua ditunjang dengan berbagai akses yang sudah bagus serta infrastruktur jalan dan pelabuhan. Karena ini juga dapat menunjang sektor-sektor ke wilayah lainnya. Kemudian pasar harian juga sudah bisa dikembangkan. Karena ini juga dapat mendongkrak nilai perekonomian di Mubar,” pungkasnya. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top