Baru Dua Daerah Serahkan LKPD ke Pemprov Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Baru Dua Daerah Serahkan LKPD ke Pemprov Sultra

Hj Isma

KENDARIPOS.CO.ID — Memasuki semester dua, aktifitas pemerintahan dan pembangunan jamaknya akan semakin padat. Tak hanya kerja maraton menyesuaikan target serapan anggaran, tetapi segera mempersiapkan draf anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P). Sebelum masuk ke tahap itu, pemerintah dan DPRD harus terlebih dulu menyelesaikan laporan kegiatan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2016. Untuk kabupaten dan kota, setelah membahasnya bersama DPRD harus diserahkan ke Pemprov untuk dievaluasi. Saat ini, baru dua daerah dari 17 kabupaten dan kota di Sultra yang menyerahkan LKPD-nya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra, Hj. Isma mengatakan seharusnya seluruh daerah sudah menyerahkan laporan kegiatannya Juli ini. Namun hingga kini baru Kabupaten Buton dan Kolaka yang sudah memenuhi kewajiban itu. “Kolaka juga masih kurang lengkap, belum ada naskah persetujuannya,” ungkap Hj. Isma, kepada Kendari Pos.

Dia menambahkan proses evaluasi LKPD tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Saat ini, jika tak ada perbaikan lagi maka daerah bisa langsung menetapkannya sendiri. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu kerja. Sebaliknya, jika terdapat perbaikan maka harus kembali dilaporkan ke Pemprov dan disetujui gubernur. “Karena kita harus melihat yang perbaikan itu sudah dibenarkan atau belum. Itu sangat perlu. Kecuali tidak ada perbaikan itu maka boleh ditetapkan langsung,” lanjut Hj. Isma.

Tanpa penetapan LKPD itu, maka pembahasan APBD-P tidak akan dimulai. Sehingga jika daerah ingin mempercepat pembahasan APBD-P maka harus menuntaskan LKPD itu. Sesuai jadwal umumnya APBD-P itu diusulkan Agustus, lalu dibahas September dan ditetapkan Oktober. Sehingga SKPD masih memiliki waktu minimal dua bulan untuk merealisasikan program kegiatannya. Menurut Hj. Isma, semua daerah harus berkomitmen agar capaian kinerjanya tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Karenanya target penyelesaian setiap tahapan harus maksimal direalisasikan. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top