Serapan Dibawah Standar, BPKAD Sultra Sorot Empat SKPD Ini – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Serapan Dibawah Standar, BPKAD Sultra Sorot Empat SKPD Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Hj Isma mengaku sudah mulai panik melihat progres serapan angggaran yang masih sangat minim. Pasalnya, batas penyerahan laporan keuangan semester satu tersisa dua hari lagi yakni 21 Juli. Sementara ada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Sultra yang belum mencapai target pencairan anggaran, bahkan masih sangat jauh dibawah standar. Dia menyebut Dinas Pariwisata, Dinas Bina Marga, RSJ dan Dinas Perhubungan adalah SKPD yang serapan anggarannya masih sangat kurang.

Sorotan itu disampaikan Isma dalam pertemuan evaluasi semester satu, Selasa (18/7). “Saya harus jujur saat ini belum melakukan pencairan, Dinas Bina Marga, Rumah Sakit Jiwa masih sekitar 24 persen. Dinas Perhubungan dan Pariwisata juga masih kurang,” ungkap Hj. Isma.

Hj. Isma mendesak seluruh dinas meski yang tidak disebutkannya dalam forum itu untuk mempercepat serapan anggarannya. Bila tidak, maka transfer dana lanjutan dari pusat akan tertunda. Olehnya itu semua pihak harus berpacu dengan waktu. “Tadi siang saya dapat SMS dari kementrian keuangan kalau transfer triwulan ketiga akan dilakukan setelah laporan keuangan kita masuk,” tambahnya.

Seharusnya, lanjut Hj.Isma pihaknya akan menggelar pertemuan dengan kepala SKPD untuk membahas hal-hal teknis terkait serapan anggaran dan pelaporan keuangan itu. Hanya saja waktunya sangat sempit untuk mempersiapkan hal itu, sehingga ia mengharapkan kesadaran dari unsur-unsur pimpinan SKPD untuk menggenjot serapan anggarannya.

Kepala Dinas Pariwisata, Syahrudin Nurdin tak menampik fakta tersebut. Namun dirinya memastikan sebelum tanggal 21 Juli itu pihaknya sudah melakukan pencairan anggaran.”Hari ini baru tanda tangan kontrak, besok langsung permintaan pembayaran uang muka,” ujarnya.

Pengakuan akan minimnya serapan anggaran juga datang dari Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina. Dia mengakui jika instansinya masuk dalam kategori penyerap dana rendah di semester satu ini. Alasannya ada kegiatan besar yang belum bisa dilelang karena masalah administrasi yang belum tuntas. Sayangnya mantan Sekda Butur itu tak menyebut “Insya Allah Agustus baru serapan kita bisa naik dan mencapai target,” janjinya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top