Realisasi Keuangan Semester 1, Konut Tertinggi, Konkep Terendah – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Realisasi Keuangan Semester 1, Konut Tertinggi, Konkep Terendah

Plt Gubernur Sultra, Saleh Lasata (kiri) berdiskusi dengan Sekprov Sultra, Lukman Abunawas dan Kepala BPKAD Sultra, Hj.Isma (kanan) saat memimpin rapat koordinasi, evaluasi dan pengendalian pembangunan lingkup Pemprov, Selasa 18/7.

KENDARIPOS.CO.ID — Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata meminta seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan evaluasi setiap bulan terhadap jalannya roda pemerintahan di daerahnya. Sebab dari hasil pelaporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Sultra, pada semester 1 ini realisasi keuangan tahun anggaran 2017 masih ada beberapa daerah yang masih berada dibawah standar dan jauh dari target. Demikian juga halnya dengan realisasi fisik kegiatan, khususnya dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan mantan bupati Muna ini dihadapan kepal daerah dan wakil kepala daerah serta para pejabat Pemda se-Sultra dalam rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan tahun 2017 di Hotel Plaza Inn, Selasa (18/7). Dalam grafis yang ditampilkan tercatat Konawe Utara menjadi daerah yang realisasi keuangannya tertinggi dengan capaian 45,03 persen.

Disusul Kolaka Timur yang juga sudah menyentuh angka 42,92 persen. Diposisi ketiga yakni Pemda Bombana dengan angka 42,61 persen. Sementara, daerah yang realisasi keuangannya paling rendah hingga Juni kemarin adalah Konawe Kepulauan yang baru mencapai 2,17 persen. Sedangkan Mubar dan Bau-Bau sedikit diatasnya yaitu masing-masing 11,80 persen dan 15,69 persen. (Lihat grafis)

Konawe Utara patut mendapat apresiasi. Sebab kabupaten dibawah kendali Ruksamin-Rauf itu juga paling unggul dalam realisasi fisik pertengahan tahun ini. Untuk realisasi fisik kegiatan itu Konut sudah mencapai target nyaris sempurna yakni 48,56 persen. Dibawahnya ada kabupaten Konawe Kepuluan. Meski realisasi anggarannya masih sangat minim namun untuk pekerjaan fisik daerah otorita Amrullah itu sudah mencapai 45 persen.

Sedangkan Buteng ada diurutan ketiga dengan capain 42,70 persen. Selanjutnya, Muna (12,25 persen), Muba (10,59 persen) dan Bau-Bau (4,30 persen) ada diposisi tiga terbawah dalam progres realisasi fisiknya.

Menanggapi realisasi itu, Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata meminta pemkab dan pemkot untuk mengintegrasikan seluruh sistem di daerah agar efisiensi kinerja bisa dicapai.

 “Tiap bulan adakan evaluasi, libatkan orang di lapangan. Jangan hanya mengandalkan laporan. Tanyakan ke satuan kerja perangkat daerah sudah sejauhmana pekerjaannya lalu akumulasi, supaya kelemahan itu bisa kelihatan dan segera dibenahi,” pintanya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top