Kasus Setnov Bisa Pengaruhi Konstelasi Pilgub di Sultra – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kasus Setnov Bisa Pengaruhi Konstelasi Pilgub di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-KTP, kursi Setia Novanto sebagai ketua umum Golkar mulai digoyang. Pakar Komunikasi Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh Najib Husain menjelaskan, penetapan Setya Novanto sebagai tersangka bisa mempengaruhi konstelasi Pilgub Sultra. Sebab, adanya kasus ini bisa menjadi pemicu perpecahan di internal Golkar. “Golkar memang partai matang. Partai ini sudah terbiasa mengatasi dinamika, baik internal maupun eksternal. Namun, ini tidak menjadi tolok ukur. Kemungkinan adanya perpecahan masih terbuka lebar,” kata Najib Husain, Selasa (18/7).

Kalau sebelumnya, Golkar menjagokan Ridwan di Pilgub, kata dia, kalau dinamika internal mencuat, maka bisa saja berubah. Boleh jadi DPP Golkar misalnya, setelah Setnov “lengser” langsung di ambil alih oleh orang yang tidak pro dengan dia. “Dengan begitu, bisa saja dukungan dialihkan ke orang lain,” ulasnya.

Lanjut Najib, untuk menghindari munculnya konflik, Golkar harus memilih. Tetap setia bersama SN atau meninggalkannya untuk menyelamatkan Golkar. “Golkar saat ini memang masih utuh. Namun, kabarnya ada wacana yang dihembuskan beberapa kader Golkar untuk menyelamatkan partai melalui Munaslub,” jelasnya.

Alumni terbaik komunikasi politik UGM ini menambahkan, persoalan SN sudah menjadi konsumsi publik. Makanya, bisa mempengaruhi citra Golkar. Jika tidak dilepaskan maka tingkat penerimaan masyarakat akan semakin menurun. “Makanya, jalan satu-satunya agar tetap mendapatkan perhatian publik, Golkar harus melepas SN,” terangnya.

Pakar Politik Sultra, Dr Eka Suaib juga memiliki analisa sendiri. Menurutnya, penetapan tersangka SN pasti mempengaruhi psikologis kader Golkar, tak terkecuali di Sultra. “Kejadian ini pasti akan berpengaruh terhadap internal Golkar. Terlebih menghadapi Pilgub akan ada beberapa kader lain yang akan mengklaim mendapatkan pintu Golkar,” ungkapnya.

1 of 2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top