Investasi di Kota Kendari Meningkat, Satu Semester Penanaman Modal Sudah Rp 1,4 M – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Investasi di Kota Kendari Meningkat, Satu Semester Penanaman Modal Sudah Rp 1,4 M

KENDARIPOS.CO.ID — Tren ekonomi di Kota Kendari menunjukan kemajuan signifikan. Itu ditandai dengan makin banyaknya investasi yang masuk di sektor jasa dan perdagangan. Tolak ukurnya bisa dilihat dari meningkatnya nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang tercatat selama satu catur wulan, alias sejak Januari hingga April 2017. Angkanya sudah mencapai Rp 1,4 Miliar.

Capaian itu tercatat dalam dokumen perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Izin Terpadu Satu Pintu (DPMPITSP) Kota Kendari. Institusi ini menyebut, hingga April lalu, realisasi PMDN sudah 1,44 miliar atau hampir menyamai capaian selama kurun waktu setahun pada 2016 lalu yang mencapai Rp 1,48 miliar. “Dan tentu saja lebih besar dari capaian PMDN tahun 2015 yang hanya Rp 1 miliar,” kata Plt. Kepala Dinas DPMPITSP Kota Kendari, Ridha Napu, Selasa (18/7).

Dengan demikian, menurut Ridha, presentasi kenaikannya adalah 100 persen. Merujuk pada tren peningkatan tersebut, potensinya untuk terus bertambah di sepanjang tahun ini sangat besar, apalagi kemajuan ekonomi Kota Kendari yang memang menjanjikan untuk masuknya investasi. “Jadi naik drastis. Bahkan sudah sama dengan capaian selama satu tahun di 2016, padahal ini baru triwulan II,” ujarnya.

Ridha memprediksikan, capaian PMDN tahun 2017 ini bisa mencapai dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Apalagi iklim investasi yang baik di Kota Kendari cukup menarik minat para pemodal. “Paling banyak itu investasi masuk di sektor perdagangan dan juga restoran,” jelasnya.

Dijelaskannya, PMDN sendiri merupakan nilai investasi berupa modal usaha yang masuk di Kota Kendari yang melakukan pengurusan izin. “1,4 miliar itu dari 314 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang sudah kita terbitkan dari Januari sampai April tadi,” sambungnya.

Ridha melanjutkan, nilai PMDN tersebut menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari sangat menjanjikan. Dan juga menjadi bukti iklim ekonomi dan bisnis yang selalu kondusif. “Jadi pelaku usaha tidak ragu membuka cabang disini. Itu menjadi peluang bagi perkembangan ekonomi kita di masa-masa depan,” pungkasnya. (Alfin)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top