Calon Panwas Pilgub Sultra Tes Wawancara – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Calon Panwas Pilgub Sultra Tes Wawancara


(kiri-kanan) Timsel Panwas Pilgub 2018-2023, Prof. Dr. H. Nasruddin Suyuti, M.Si., Aldrin Rangga Masiku, SH., dan Imelda Wahyuni, M.Pdi, saat melakukan tes wawancara kepada pelamar Panwas Pilgub, Selasa, (18/7). Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Seleksi Panitia Pengawas (Timsel Panwas) Pilgub Sultra sejak Selasa, (18/7) menggelar seleksi wawancara kepada para calon Panwas yang dinyatakan lolos ujian tertulis. Hari pertama, sebanyak 12 peserta dari zona I, yakni Konsel, Konkep dan Konut yang mengikuti seleksi itu. Hari ini, giliran peserta dari Kota Kendari dan Konawe yang mengikuti tes.

Timsel Panwas Pilgub 2018-2023, Prof. Dr. H. Nasruddin Suyuti, M.Si., mengatakan, dalam tes wawancara, para pelamar langsung berhadapan dengan tiga anggota Timsel untuk menguji kemampuanya. Sejumlah pertanyaan dilayangkan kepada pelamar, baik terkait dari kepemiluan, pengawasan, kepemimpinan organisasi, muatan lokal, termasuk integritas. “Jadi, lima komponen materi yang kita wawancarai. Akan diusul yang memenuhi syarat,” jelasnya disela-sela mewawancarai pelamar Panwas Pilgub, di Hotel Plaza Inn, kemarin (18/7).

Rektor Universitas Nahdatul Ulama Sulawesi Tenggara itu menjelaskan, dari 12 pelamar yang diseleksi zona satu tersebut akan diloloskan menjadi 6 calon panwas. Namun, sebelum ditentukan keenam panwas tersebut akan diminta tanggapan dari masyarakat. Kemudian, akan diusulkan ke Bawaslu Sultra enam nama untuk kembali mengikuti seleksi fit proper test untuk dikerucutkan menjadi tiga orang Panwas Pilgub. “Sebelum kita usul, kita akan meminta dan mempertimbangkan tanggapan masyarakat,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengungkapkan, sangat mempercayai kinerja timsel. Bawaslu pun akan melakukan fit and proper tes setelah menerima pengajuan calon anggota panwaslu kabupaten/kota dari timsel di empat zona, termasuk zona satu pada 23 sampai 25 Juli. “Fit and proper tes itu setelah timsel melaporkan 6 orang setiap daerah,” jelasnya usai memantau tes wawancara.

Kata dia, fit and proper tes itu akan dilakukan di Bawaslu Sultra . Baik dari zona I, II, III maupun zona IV. Fit and proper tes akan dilakukan usai menerima pengajuan tersebut “Bawaslu sendiri akan melakukan itu (fit and proper tes). Tentu juga disupervisi oleh Bawaslu RI. Awal Agustus kita pelantikan Panwas terpilih,” ungkpanya. (wan/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top