Banyak Prestasi, Shorinji Kempo Jadi Ekstrakurikuler Prioritas di SMAN 7 Kendari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Banyak Prestasi, Shorinji Kempo Jadi Ekstrakurikuler Prioritas di SMAN 7 Kendari

WA ODE ISMAWATI
Kepala SMAN 7 Kendari, Abubakar menyerahkan piala kepada siswanya berprestasi. Salah satu prestasi menonjol para siswa di sekolah itu adalah olahraga bela diri, Shorinji Kempo

KENDARIPOS.CO.ID — Masing-masing sekolah menengah di metro ini punya kegiatan ekstrakurikuler utama bagi para siswanya. Ada yang bidang seni, tapi tak sedikit yang fokus kegiatan olahraga. Di SMAN 7 Kendari misalnya, mengandalkan beladiri shorinji kempo sebagai tambahan ilmu bagi para siswanya. Ini sudah dimulai sejak 2010 lalu.

Berkat ketekunan mengasah keterampilan bela diri dari Tiongkok ini, sudah banyak prestasi yang ditorehkan para siswa SMAN 7 ini. Mereka ikut dalam berbagai kompetisi, seperti Pekan Olahraga Kota (Porkot), Pekan Olahraga Daerah (Porda), kejuaraan nasional (kejurnas) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Pelatih Shorinji Kempo SMAN 7 Kendari, Jusman, S.Sos. mengatakan, anak binaannya dalam hal ini siswa SMAN 7 Kendari, sudah sering kali mengharumkan nama Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga di tingkat nasional. Bahkan, beberapa tahun lalu, salah seorang siswanya pernah meraih medali perunggu di Sea Gemas Thailand. “Alhamdulillah kalau berbicara soal beladiri, kami juga selalu diperhitungkan setiap mengikuti kejuaraan. Setahun kami lakoni pembinaan olahraga ini, kami sudah dapat juara umum II di Porda pada tahun 2011 lalu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, setiap pecan memang dilakukan tiga kali seminggu pembinaan, untuk kenaikan sabuk. Sedangkan untuk pembinaan prestasi dilakukan pada malam hari yang juga rutin setiap pekan. Kata Jusman, siswa binaannya yang menekuni olahraga tersebut sekitar 30 orang. Prestasi mereka tidak hanya mewakili Kota Kendari dan Sultra saja tetapi sering diikutkan mewakili kabupaten lain, seperti Konawe dan Kolaka.

“Tahun lalu, SMAN 7 Kendari ikut Porkot perebutkan 16 medali emas. Alhamdulillah kami rebut 13 medali emas sehingga menjadi juara umum. Pokoknya, semua kejuaraan tidak pernah dilewatkan oleh anak-anak. Makanya, atlet SMAN 7 Kendari termasuk disegani lawan dalam kejuaraan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 7 Kendari, Abubakar mangaku bangga dengan prestasi anak didiknya. Oleh karena itu, upaya pembinaan untuk meningkatkan kualitas di cabor tersebut senantiasa ditingkatkan. “Saya juga baru-baru pindah tugas disini, ternyata prestasi mereka itu tidak pernah dipublikasikan. Padahal bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sekolah ini,” katanya.

Oleh karena itu, kegiatan ini akan lebih diekspos salah satunya kerjasama dengan media. Melalui publikasi masyarakat bisa mengetahui bahwa di SMAN 7 Kendari punya sesuatu yang bisa diunggulkan dan punya kemampuan siswanya untuk berprestasi. “Apalagi, sekolah ini masih berada dalam wilayah kota, hanya saja kurang dipromosikan saja. Sebenarnya, kalau dari segi prestasi tidak kalah dengan sekolah lainnya,” tukasnya.

Ia berjanji bahwa kegiatan ektrakurikuler semacam ini akan ditingkatkan terus pembinaanya. Abubakar berharap, kemampuan dan prestasi anak-anak SMAN 7 Kendari ini makin meningkat sehingga tidak hanya berlaga di tingkat nasional, tetapi di level internasional. “Tentunya dengan meraih prestasi,” tutup Abubakar. (adv/ima)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top